Breaking News:

Berita Belitung

Dukung Program Pemkab Belitung, BUMDes Bisa Bangun Ekonomi Kreatif di Desa

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Pemerintah Desa (Pemdes).

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung/Disa Aryandi
Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMPDPKB Kabupaten Belitung Antonio Apriza 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Pemerintah Desa (Pemdes). Terutama dalam pengembangan desa agar menjadi lebih mandiri dan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung Antonio Apriza (Anton) mengatakan, BUMDes tersebut memang sudah menjadi target BPMPDPKB dalam program pemerintah.

"Itu mengingat BUMDes ini, kehadirannya sangat penting sekali. Bukan hanya persoalan bisa memunculkan PADes saja, tapi bisa menjadi membangun ekonomi kreatif bagi desa tersebut," kata Anton kepada Posbelitung.co, Senin (14/10/2019).

Menurutnya, ekonomi kreatif sama dengan membangun kelompok usaha kecil menengah (KUKM). Melalui BUMDes masyarakat setempat, bisa membangun berbagai peluang usaha secara mandiri maupun kelompok.

"Itu sih sebetulnya. Apalagi Belitung sekarang berbicara sektor pariwisata, yang sangat berhubungan erat dengan BUMDes maupun KUKM," ucapnya.

Ia menilai, melalui BUMDes pula pemerintah desa bisa membangun satu desa satu destinasi wisata, sesuai dengan keinginan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), agar wisawatan berkunjung ke Belitung bisa lebih berlama-lama.

"Kami harap, bagi desa yang belum membentuk BUMDes, untuk segera dan membuat berbagai rencana bagi BUMDes tersebut, dalam pengembangan Desa," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved