CPNS 2019 Beltim, Tamat SMA Bisa Jadi PNS

Kabar gembira bagi lulusan SMA di Belitung Timur. Hanya bermodal ijazah SMA bisa mendaftar dalam penerimaan CPNS tahun ini.

CPNS 2019 Beltim, Tamat SMA Bisa Jadi PNS
Posbelitung/suharli
Kepala BKPSDM Belitung Timur Yuspian 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kabar gembira bagi lulusan SMA di Belitung Timur. Hanya bermodal ijazah SMA bisa mendaftar dalam penerimaan CPNS tahun ini. Hal ini dikatakan Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung Timur, Yuspian kepada posbelitung.co di ruangannya, Rabu (30/10/2019).

Yuspian mengatakan kuota penerimaan CPNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Beltim sebanyak 146 formasi, satu di antaranya disediakan untuk tamatan SMA. Formasi untuk tamatan SMA tersebut akan ditempatkan di Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP.

"Pengadaan formasi untuk tamatan SMA ini karena kita (red: Pemkab Beltim) kekurangan tenaga golongan dua. Jadi kami membutuhkan mereka," kata Yuspian.

Sebenarnya, lanjut Yuspian, pemerintah mengusulkan lebih banyak penerimaan untuk tamatan SMA. Namun, karena yang disetujui oleh pusat hanya sejumlah itu pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

Padahal menurutnya pemda membutuhkan tenaga golongan dua misal ditempatkan sebagai pengelola barang, tata usaha sekolah, termasuk petugas pemadam kebakaran dan Satpol PP. Saat ini jabatan-jabatan itu masih diisi oleh tenaga non-PNS dan kalau tidak ada mereka proses kerja bisa terganggu.

"Tapi ini peluang yang baik artinya secara regulasi masih dimungkinkan merekrut lulusan SMA sederajat," tambah Yuspian.

Khusus untuk formasi ini ada penambahan perayaratan, yakni dari segi fisik seperti tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, dan lainnya. Penambahan syarat fisik ini karena di Satpol PP ada tugas khusus yang butuh fisik mendukung.

Lebih lanjut Yuspian mengatakan dari 146 formasi, didominasi oleh tenaga pendidik sebanyak 72 formasi, kedua tenaga kesehatan 47 formasi, dan ketiga tenaga teknis 27 formasi.

Pendaftaran CPNS akan dibuka tanggal 11 November 2019 dan sebelumnya akan diumumkan formasi CPNS untuk Pemkab Beltim. Pengumuman formasi akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved