WIKI BELITUNG

Sekilas Tentang Kecamatan Selat Nasik di Kabupaten Belitung

Kecamatan Selat Nasik merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Belitung.

Sekilas Tentang Kecamatan Selat Nasik di Kabupaten Belitung
posbelitung.co/Disa Aryandi
Kantor Kecamatan Selat Nasik. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kecamatan Selat Nasik merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Belitung. Letak dari Kecamatan ini, sangat berbeda dibadingkan Kecamatan lainnya, lantaran tidak satu daratan dengan Kabupaten Belitung.

Untuk menempuh Kecamatan ini, terlebih dahulu harus menempuh perjalan darat 50 Kilometer (Km) dari Tanjungpandan menuju Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, dan kemudian dilanjutkan menempuh perjalanan menggunakan kapal boad.

Kecamatan ini, berada di Pulau Mendanau dan tepat berada di Desa Selat Nasik. Berdasarkan buku Monografi Kecamatan Selat Nasik tahun 2005 memiliki jumlah penduduk mencapai 6.748 jiwa.

Kecamatan Selat Nasik ini, memiliki luasan sekitar 133,5 kilometer 2. Kecamatan ini hanya memiliki empat Desa, yaitu Desa Selat Nasik, Desa Petaling, Desa Suak Gual yang berada di Pulau Mendanau. Sedangkan untuk Desa Pulau Gersik terletak di Pulau Gresik, Pulau Bakau dan Kalambau.

Ketiga desa yang ada di Pulau Mendanau dihubungkan oleh jalan darat yang sudah diaspal dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Jarak Desa Selat Nasik ke Desa Petaling sekitar 8 km atau sekitar 10 menit dengan kendaraan roda empat atau sepeda motor.

Sementara itu jarak Desa Suak Gual ke Selat Nasik sekitar 16 km atau sekitar 20 menit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Sedangkan untuk menuju Desa Pulau Gersik, harus menggunakan kapal boad yang memiliki jarak tempuh sekitar 30 hingga 60 menit dari Pulau Mendanau.

Khusus untuk di Selat Nasik dan Suak Gual mayoritas adalah suku melayu bersuku Bugis serta di Desa Petaling merupakan suku melayu namun sebagian ada suku jawa yang transmigrasi ke Daerah Belitung.

Sedangkan di Desa Pulau Gersik yang mayoritas bersuku bugis. Masyarakat hidup berdampingan dengan toleransi dan semangat gotong royong yang tinggi. Ada banyak Kesenian Belitong yang sering dipamerkan Di Selat Nasik, seperti Maras taun, Buang Jong, Campak Darat dan Campak Laut dan lainnya.

Selat Nasik mempunyai Pantai yang masih perawan seperti Pantai Paser Panjang dan Paser Pendek. Pemimpin dari Kecamatan ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan adanya kecamatan ini sesuai dengan Peraturan Bupati Belitung nomor 63 tahun 2016.

Berikut struktur organsisasi Pemerintah Kecamatan Sijuk

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved