Breaking News:

Copot Dirjen Imigrasi, Yasonna Laoly Tegaskan Siap Mundur Jika Ronny Sompie Tidak Salah

Yasonna Laoly: Saya Yang Mundur dari Menteri Jika Ronny Sompie Tidak Salah

TRIBUNNEWS/LUSIUS GENIK
Menkum HAM Yasonna Laoly 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA -- Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham ) Yasonna Laoly menegaskan siap mundur dari jabatan menteri, jika pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi tidak bersalah atas terjadinya kekeliruan data perlintasan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Harun Masiku.

Adapun Yasonna Laoly yakin ada kesalahan dari pihak Imigrasi terkait kasus Harun Masiku.

"Ya orang enggak salah gimana? Kalau (Dirjen Imigrasi Ronnya Sompie-red) tidak salah, saya yang mundur dari menteri, karena saya yakin salah," kata Yasonna usai bertemu Ketua DPR RI Puan Maharani, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1/2020) malam.

Hal itu menjawab pertanyaan awak media mengenai kemungkinan jika tim independen yang dibentuk, tidak menemukan kesalahan Imigrasi dalam kekeliruan data perlintasan Harun Masiku.

Menurut dia, pencopotan Ronny Sompie sebagai bentuk pertanggungjawaban atas lambatnya transisi SIMKIM (sistem informasi manajemen keimigrasian) dari SIMKIM 1 ke SIMKIM 2 di Bandara Soekarno-Hatta.

Bahkan pada Desember 2019 lalu, Yasonna pernah marah-marah kepada Imigrasi atas lambatnya transisi sistem yang juga berdampak pada panjangnya antrean pembuatan paspor di Imigrasi.

Serupa tapi Tidak Sama, Ternyata Inilah Perbedaan Ular Kobra dengan King Kobra, Banyak yang Tak Tahu

Yasonna copot Ronny Sompie

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie dari jabataanya, Selasa (28/1/2020). 

Pencopotan Ronny F Sompie terkait dengan kasus Harun Masiku. 

Ronny dianggap paling bertanggungjawab atas luputnya pengawasan terhadap Harun Masiku yang ternyata sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari 2020.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved