Breaking News:

Berita Belitung

Pemutihan Pajak Kendaraan Sudah Tutup, Begini Kata Kepala UPT Samsat Tanjungpandan

Pemutihan pajak kendaraan tersebut, telah terlaksana dari 31 Desember 2019 dan berakhir 1 Februari 2020 kemarin.

posbelitung.co/Disa Aryandi
Erwinsyah. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung (Samsat), Rabu (5/2/2020) sudah mengakhiri masa pemutihan pajak untuk kendaraan bermotor.

Terdata ada ribuan kendaraan sudah mengikuti program pemutihan pajak kendaraan ini. untuk kendaraan sepeda motor maupun mobil.

Pemutihan pajak kendaraan tersebut, telah terlaksana dari 31 Desember 2019 dan berakhir 1 Februari 2020 kemarin.

"Itu semua yang terdata di kami khusus untuk pemutihan saja ada 4.623 unit kendaraan, baik itu mobil maupun sepeda motor," kata Kepala Samsat Tanjungpandan Erwinsyah kepada posbelitung.co, rabu (5/2/2020).

Rincian pemutihan untuk sepeda motor yang sudah melakukan pemutihan yaitu sebanyak 3.609 unit dan mobil yaitu 1.014 unit. Rata - rata kendaraan yang melakukan pemutihan tersebut, sebelumnya tidak pernah membayar pajak antara dua hingga tiga tahun.

"Rata - rata mereka tidak membayar pajak antara tahun - tahun segitu. Kemarin pemilik kendaraan ini banyak melakukan administrasi di loket kantor. Tapi kami juga berupaya kemarin berkeliling menggunakan program setempo itu. Ada yang ke Membalong, ada yang ke pasar Tanjungpandan," ujar dia.

Program setempo tetap melayani untuk pemutihan pajak kendaraan bermotor itu, lantaran memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sibuk dengan pekerjaan mereka, sehingga tidak bisa datang ke kantor Samsat.

"Jadi kami yang jemput bola dan memberikan kemudahan dari segi pelayanan. Itu kemarin yang keliling program setempo, kami lakukan hari sabtu," bebernya.

Antusias Masyarakat Ikut Pemutihan Pajak Kendaraan di Beltim Cukup Tinggi
Antusias Masyarakat Ikut Pemutihan Pajak Kendaraan di Beltim Cukup Tinggi (Pos Belitung/suharli)

Samsat Tanjungpandan Hasilkan PAD Capai Rp 2 Miliar

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung Erwinsyah mengatakan, selama pemutihan pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah (PAD) mengalami peningkatan.

Terhitung dari 31 Desember 2019 hingga 1 Februari 2020, khusus dari pemutihan pajak kendaraan PAD yang didapat mencapai Rp 2.198.895.800,-.

"Itu dari pemutihan saja. Kalau semuanya dalam satu bulan itu, digabung dengan pajak air tanah dan segala macam, total nya ada Rp 6 miliar lebih," ungkap Erwinsyah kepada posbelitung.co, rabu (5/2/2020).

Pemutihan pajak khusus di Belitung tidak begitu berdampak yang luar biasa seperti di Pulau Bangka. Sehingga kenaikan PAD tidak begitu signifikan. Dari berkas yang masuk tercatat ada 8.012 unit kendaraan selama Januari, 4.623 unit ikut pemutihan pajak kendaraan

"Tetap ada kenaikan lah dari segi PAD nya. Sejauh ini belum mengetahui kapan lagi. Tapi kalau untuk pemutihan yang khusus BBN (balik nama) masih berlaku sampai 29 Februari besok. Kalau yang BBN ini untuk motor ada 37 unit dan mobil 15 unit, yang terhitung sampai sekarang," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved