Breaking News:

Hasil Studi di China, Virus Corona Jenis Baru Menyerang Ginjal dan Testis

Hasil Studi di China, Virus Corona Jenis Baru Menyerang Ginjal dan Testis

Penulis: Asmadi Pandapotan Siregar (CC) | Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Wikimedia
Ilustrasi virus corona. 

Hasil Studi di China, Virus Corona Jenis Baru Menyerang Ginjal dan Testis

POSBELITUNG.CO -- Merebaknya coronavirus, atau virus corona semakin membuat banyak orang khawatir.

Adapun virus yang telah diberi nama resmi oleh WHO sebagai Covid-19 itu telah menelan ratusan korban jiwa.

Virus corona Wuhan yang kini diberi nama Covid-19 telah menewaskan lebih dari 1.500 orang secara global. Jumlah ini melampaui angka kematian SARS dalam hitungan minggu.

Disebutkan virus corona selain menyebabkan pneumonia, beberapa penelitian baru menunjukkan bahwa infeksi coronavirus jenis baru juga dapat menyerang usus, hati, dan organ lain. 

Dikutip dari sinchew.com.my, Senin (17/2/2020), sebuah makalah yang baru-baru ini diunggah oleh Fan Caibin dari Departemen Urologi, Rumah Sakit Suzhou yang Berafiliasi dengan Universitas Kedokteran Nanjing pada medRxiv, sebuah platform pracetak, menyebutkan ada dua target potensial lainnya yang terkena: ginjal dan testis.

Mengingat bahwa beberapa obat antivirus secara inheren nefrotoksik, dan virus dapat menyerang ginjal, tim merekomendasikan agar penilaian fungsi ginjal dan perawatan khusus dilakukan selama perawatan klinis pasien corona.

Hotman Paris Bereaksi Keras Acara TV-nya Ditegur KPI: Dimana Langgar Moralnya?

Selain itu, dokter juga harus menyadari kemungkinan risiko jaringan testis dan membuat penilaian serta intervensi yang sesuai untuk kesuburan pada pasien muda.

Perlu dicatat bahwa makalah yang diterbitkan pada platform pracetak belum ditinjau dan belum dipublikasikan dalam jurnal formal.

Abstrak dari makalah ini menyebutkan bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan pada pasien dengan pneumonia neokoroner, selain kerusakan pernafasan, kelainan fungsi ginjal dan bahkan kerusakan ginjal telah terjadi. Mekanisme yang mendasari tidak jelas.

Halaman
1234
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved