Breaking News:

Cegah Corona, Pentagon Perintahkan Militer AS Buat Masker dari T-shirt dan Kain Bersih Lainnya

protokol anti virus corona (Covid-19) yang diberlakukan bagi personel militer dan sipil AS, bersama dengan anggota keluarga, kontraktor serta para...

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
US Air Force/ AFP
Pasukan Divisi Lintas Udara 101 Personel militer AS 

POSBELITUNG.CO, WASHINGTON -- Mencegah penyebaran wabah virus corona ( covid-19 ), Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( AS ), Pentagon memerintahkan seluruh personel militer mereka untuk menutupi mulut dan hidung menggunakan masker kain. 

Hal itu dilakukan mengingat kurangnya pasokan masker hingga membuat para pasukan militer AS harus mencari ide kreatif demi memenuhi tuntutan itu.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (7/4/2020), protokol anti virus corona ( Covid-19 ) yang diberlakukan bagi personel militer dan sipil AS, bersama dengan anggota keluarga, kontraktor serta para tamu di pangkalan militer, menyerukan agar dilakukannya pemakaian masker yang terbuat dari kain. 

Selain itu, mereka harus saling menjaga jarak satu sama lain, minimal sejauh enam kaki.

Kenakan Kimono, Hotman Paris Ajak Warga Mampu Jabodetabek Sumbang Beras: Bisa Terkumpul 20 Juta Kg

Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyampaikan dalam memonya bahwa peralatan pelindung pribadi seperti masker respirator N95 akan disimpan sebagai cadangan bagi personel militer yang berada di divisi kesehatan.

Sedangkan personel lainnya harus bisa membuat masker sendiri.

"Sebagai tindakan sementara, semua individu dianjurkan untuk membuat masker dari barang-barang rumah tangga atau bahan-bahan umum, seperti T-shirt bersih atau kain bersih lainnya yang dapat menutupi area hidung dan mulut," kata Esper.

Perlu diketahui, Pentagon telah banyak menuai kritikan lantaran lambannya penanganan pandemi Covid-19 di antara pasukan AS.

Ibu Muda di Muaraenim Ini Tega Pukulkan Piring ke Anaknya hingga Tewas karena Tak Mau Makan

Kekurangan masker medis secara global pun telah menyebabkan perselisihan internasional negara ini dengan sekutunya, Jerman.

Seorang anggota parlemen Jerman menuduh AS melakukan pembajakan karena dinilai mengalihkan pengiriman masker pelindung yang tengah dikirim menuju Berlin.

Tentu saja ini memicu perselisihan panas antara kedua sekutu, meskipun tuduhan itu tidak terbukti. 

(*/ Fitri Wulandari)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Masker Langka, Pentagon Instruksikan Militer AS Buat Masker dari T-shirt dan Kain Bersih Lainnya

Darurat Corona, Presiden Jokowi Setuju, BLT akan Diberikan pada Masyarakat, Rp 600 Ribu Per Keluarga

Sumber: Tribunnews.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved