Breaking News:

Kisah Siswa Berburu Signal Hingga Naik Gunung, Untuk Belajar Online dan Kirim Tugas ke Guru

Setiap ada tugas, puluhan anak harus menyusuri jalan setapak ke atas bukit untuk mendapatkan sinyal yang bagus agar bisa tetap belajar.

(Dokumentasi Kepala Dukuh Petir B)
Seorang Pelajar sedang menggunakan handphone untuk belajar dan mengirimkan tugas, di Gunung Temulawak, Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul 

POSBELITUNG.CO - Belajar online di rumah selama pandemi virus corona melanda Indonesia, membuah kisah tersendiri baik dari guru , sisiwa, maupun orang tua.

Terutama bagi mereka yang bertempat tinggal di daerah terpencil, kesulitan mengakses jaringan internet melalui telepon seluler. Sehingga berbagai cara dilakukan agar tetap bisa belajar online.

Seperti diketahui praktik belajar online siswa harus belajar di rumah, mengerjakan tugas sekolah yang kemudian dikirimkan ke guru melalui aplikasi tertentu yang diakses menggunakan jaringan internet.

Sayangnya, tak semua wilayah di Indonesia ramah dengan signal operator telepon seluler..

Kisah Guru Rela Mengajar ke Rumah Siswa, Orang Tua tak Punya Smartphone dan TVRI tak Terjangkau

Seperti yang terjadi di wilayah tertentu di Gunung Kidul, yaitu Dusun Petir B, Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Siswa di dusun itu harus naik turun gunung untuk mendapatkan signal agar bisa mengirimkan tugas sekolah.

Setiap ada tugas, puluhan anak harus menyusuri jalan setapak ke atas bukit untuk mendapatkan sinyal yang bagus agar bisa tetap belajar.

"Siswa harus naik bukit yang tinggi agar memperoleh sinyal,” kata Kepala Desa Petir, Sarju, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Selasa (5/5/2020) dikutip Tribunjogja.com dari kompas.com.

Sarju mengatakan, hingga kini belum semua penyedia jasa seluler punya sinyal di desanya.

Selain itu, wilayah Desa Petir yang banyak perbukitan karst diduga membuat ada beberapa blank spot sinyal.

Halaman
123
Editor: Rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved