Breaking News:

Kisah Inspiratif Para Srikandi Belitong

Belitung dan Beltim Alokasikan Dana Khusus bagi Putra-putri Berprestasi Hingga Jalin Kerja Sama

Pemerintah Kabupaten Belitung telah mengalokasikan secara khusus menggunakan APBD bagi putra-putri yang berprestasi di bidang akademik maupun olahraga

IST/Dok Desvi Erinda
Ilustrasi- Desvi Erinda dan Muhammad Solihin, dua siswa SMA Negeri 1 Tanjungpandan yang mengikuti Istanbul Youth Summit saat akan berangkat, Jumat (24/1/2020). 

POSBELITUNG.CO - Pemerintah Kabupaten Belitung telah mengalokasikan secara khusus menggunakan APBD bagi putra-putri yang berprestasi di bidang akademik maupun olahraga.

Bentuknya berupa beasiswa dan penghargaan bagi putra-putri terbaik yang sudah membawa nama baik Kabupaten Belitung.

Khusus di bidang olahraga, saat ini sudah ada Peraturan Bupati (Perbup) Belitung Nomor 14 Tahun 2019.

"Jadi sudah kami alokasikan. Memang untuk putra putri terbaik ini sudah terprogram di OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Terutama untuk bidang akademik dan olahraga, memang sudah ada anggaran khusus untuk itu," kata Sekda Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya kepada Pos Belitung, Kamis (2/7).

Bentuk penghargaan tersebut berupa uang pembinaan dan beasiswa.

Terutama bagi pelajar yang memiliki nilai tinggi di bidang akademik, namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Itu ada beasiswanya. Kalau pendidikan itu sudah teralokasi kan di Dinas Pendidikan. Tapi mereka tetap harus mengikuti seleksi, apakah mereka ini benar-benar prestasinya ada di bidang akademik atau tidak," ujarnya.

Sedangkan prestasi bidang olahraga, kata Hendra, harus dibuktikan dengan hasil kejuaraan berupa piagam penghargaan. Yakni tingkat Provinsi Bangka Belitung, nasional dan internasional.

"Nilainya itu ada hitungan-hitungannya di perbup. Tapi yang olahraga ini juga bisa mengambil beasiswa pendidikan, dengan syarat akademiknya bagus dan ketika seleksi bisa lolos. Tapi sekarang ini untuk beasiswa pendidikan itu, baru sebatas untuk strata satu," jelasnya.

Sedangkan beasiswa strata dua dan strata tiga, lanjut Hendra, hingga sekarang memang belum ada. Khusus strata dua, ada beasiswa atau bantuan penyelesaian tesis, hanya saja harus mengajukan terlebih dahulu.

Halaman
123
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved