Breaking News:

Pandemi Virus Corona di Bangka Belitung

Anggaran OPD Akan Difokuskan pada Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

Perekonomian Bangka Belitung (Babel) mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat pandemi Covid-19, terutama bagi sebagian UMKM.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Belitung Hermanto, Kamis (5/3/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Perekonomian Bangka Belitung (Babel) mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat pandemi Covid-19, terutama bagi sebagian UMKM.

Sebelumnya hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung Tantan Heroika pada gelaran webinar New Normal di Babel: Peluang dan Tantangan Penguatan Ekonomi, Rabu (8/7/2020).

Menanggapi hal tersebut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Belitung Hermanto mengatakan ini menjadi bagian yang harus dicermati pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

"Terutama dalam upaya bersama yang berfokus pada pemulihan ekonomi," katanya.

Sehingga nanti program-program supporting (dukungan) yang dilakukan oleh pemerintah melalui APBD, baik di anggaran perubahan maupun anggaran di 2021, betul-betul dikonsenkan di OPD agar mengupayakan terobosan kegiatan yang berfokus pada pemulihan perekonomian.

Baik bagi pelaku UMKM, maupun sektor-sektor lain terutama yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Karena diketahui pariwisata merupakan sektor lokomotif, sehingga majunya pariwisata akan menjadi dukungan bagi sektor lain seperti pertanian dan perikanan.

"Karena produk-produk perikanan dan pertanian itu mendukung peningkatan usaha di bidang kepariwisataan," katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini hal tersebut pun sudah disikapi pemerintah dalam anggaran perubahan maupun anggaran pada 2021.

"Insya Allah sudah mempertimbangkan pemulihan ekonomi," jelasnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved