Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kalau Rumah Sakit Keberatan Tarif Rapid Tes Diseragamkan, Dinkes Beltim Saran Ajukan ke Provinsi

Penyeragaman tarif ini memberikan kejelasan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan rapid test secara mandiri.

(Posbelitung.co/suharli)
Kadinkes PPKB Beltim Muhamad Yulhaidir. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mendukung penyeragaman layanan rapid test mandiri yang diatur dalam Surat Edarab Kementerian Kesehatan keluaran 6 Juli lalu.

Ia menilai dengan penyeragaman tarif ini memberikan kejelasan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan rapid test secara mandiri.

"Selama ini kan masyarakat kebingungan dengan harga rapid test mandiri yang beragam dan cenderung dengan harga signifikan. Dengan adanya SE ini dari sisi masyarakat ini sebagai kemudahan," kata Yulhaidir saat ditemui posbelitung.co di kantornya, Rabu (8/7/2020).

Kemudian dari sisi organisasi keprofesian dan rumah sakit, ia belum melihat kebijakan ini menjadi beban bagi mereka.

Rapid test ini bukan hanya bicara tentang alatnya, tapi juga ada penunjang-penunjang yang mungkin perlu mereka lakukan pengajian berkaitan dengan tarif.

"Tapi kalau dari Dinkes melihat ini sebagai suatu kemudahan. Masyarakat membutuhkan kejelasan ini sekarang sehingga masyarakat tidak diberatkan dengan biaya rapid test yang mahal," tegas Yulhaidir.

Ia juga mengatakan, jika pun pihak rumah sakit keberatan dengan penyeragaman tarif tersebut sudah tersedia jalur-jalur yang bisa digunakan yakni bisa mengajukan usulan dan pengajian ulang kepada provinsi.

Lebih lanjut, dari sisi pengawasan Yulhaidir mengaku sedang dalam tahap pengoordinasian dan meminta arahan dari provinsi berkaitan dengan tindaklanjut dari SE Kemenkes ini.

"Apakah nantinya juga akan ikut mengawasi pelayanan rapid test mandiri di klinik swasta atau tidak. Juga tetap akan disinkronkan dengan peraturan yang ada di pemda kita," kata Yulhaidir.

Namun yang pasti, sebagai langkah awal kebijakan ini sangat mendukung kemudahan bagi masyarakat, apalagi kaitannya dengan pemberlakuan new normal di sebagian daerah.

"Kita lihat nanti perkembangannya seperti apa. Pastinya masyarakat sudah dibuka kemudahan dan diberikan kejelasan atas hal ini," tegas Yulhaidir.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved