Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Dana Hibah Tahap II Pilkada Belitung Timur 2020 untuk KPU dan Bawaslu Sudah Cair

Dana hibah tahap kedua yang bersumber dari APBD untuk penyelenggaraan Pilkada Belitung Timur 2020 sudah cair hari ini.

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
dok.KPU Beltim
Maskot Pilkada Beltim 2020. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Dana hibah tahap kedua yang bersumber dari APBD untuk penyelenggaraan Pilkada Belitung Timur 2020 sudah cair hari ini.

Hal ini dikatakan oleh Ketua KPU Belitung Timur Rizal saat dihubungi posbelitung.co, Kamis (9/7/2020).

"Kemarin sudah mengurus administrasi dan tanda tangan dokumennya untuk diserahkan kepada Bupati. Alhamdulillaah hari ini diberi kabar bahwa dana hibah tahap kedua 60 persen sudah masuk ke rekening," kata Rizal.

Total dana hibah yang diterima oleh KPU Beltim yaitu Rp 15,15 miliar.

Menurutnya, dana hibah ini akan dipakai untuk membiayai segala proses dan tahapan lanjutan dalam Pilkada yang sempat terhenti beberapa bulan karena virus coron.

Ia juga menganggarkan sebesar Rp 1,4 miliar untuk membeli APD sebagai bekal petugas dalam bekerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Anggaran Rp 1,4 miliar merupakan hasil dari rasionalisasi yang dilakukan beberapa waktu lalu untuk membeli APD, berupa masker, face shield, hazmat, dan juga alat rapid test. Hal ini guna memastikan bahwa petugas bersih dari paparan virus corona sebelum bersentuhan dengan masyarakat," kata Rizal.

Dihubungi terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu Belitung Timur Wahyu Epan Yudhistira juga mengatakan bahwa dana hibah tahap II sudah cair.

"Hari ini sudah cair seratus persen. 9 Juli 2020 merupakan batas akhir transfer dana hibah Pilkada Serentak tahun 2020 dari pemerintah daerah ke penyelenggara pemilihan yang ditetapkan oleh Kemendagri kepada Pemda yang melakukan Pilkada," jelas Epan.

Menurutnya, dana ini akan digunakan sebagai operasional pengawasan penyelenggaraan Pilkada di semua tahapan lanjutan. Bawaslu Beltim sendiri menerima dana hibah sebesar Rp 5,93 miliar dari APBD Beltim.

Saat ditanya soal persiapan pengawasan terkait dengan kesehatan petugas di lapangan, Epan mengatakan belum ada kejelasan soal hal tersebut.

Namun, koordinasi dengan pihak terkait ketersediaan APD bagi jajaran Pengawas Pemilihan terus kami upayakan.

"Masih terus diupayakan sampai saat ini," kata Epan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved