Breaking News:

Idul Adha 2020

Begini Ketentuan Kementerian Agama Terkait Penyelembelihan Hewan Kurban dan Salat Idul Adha

Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran (SE) Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 terkait pelaksanaan salat dan penyembelihan hewan kurban.

Ist/Masdar
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran (SE) Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 terkait pelaksanaan salat dan penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha,

Sebelumnya sosialisasi mengenai surat edaran ini juga telah disampaikan saat dialog bersama forum kerukunan umat beragama (FKUB) Belitung beberapa waktu lalu.

"Karena itu, dengan ditetapkan sidang isbat menag semalam dan dilaksanakan rukyatul hilal bahwa 1 Dzulhijjah jatuh ada hari ini, artinya Idul Adha pada 10 Zulhijjah jatuh pada Jumat (31/7/2020)," kata Kepala Kantor Kemenag Belitung H Masdar Nawawi, Rabu (22/7/2020).

Selanjutnya memang pada hari raya itu seluruh umat Islam akan melaksanakan salat Iduladha, baik di masjid, musala atau lapangan.

Ia menuturkan ada beberapa panduan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan salat Idul Adha. Seperti menyiapkan petugas buat mengawasi penerapan protokol kesehatan, mendisinfeksi area pelaksanaan, menyediakan tempat cuci tangan dan alat ukur suhu, serta tidak mewadahi sedekah jemaah dengan cara menjalankan kotak yang berpindah tangan sehingga rawan terhadap penularan penyakit.

"Juga baik imam maupun khatib agar tidak berlama-lama, tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya," imbau Masdar.

Masdar menyampaikan, protokol kesehatan yang harus dilakukan jamaah seperti dalam kondisi sehat, membawa sajadah masing-masing, dan menggunakan masker sejak keluar rumah serta selama berada di area pelaksanaan.

Juga menjaga kebersihan tangan, menghindari kontak fisik dan menjaga jarak antar jemaah minimal satu meter.

Pihaknya juga mengimbau anak-anak, orang lanjut usia, dan orang sakit yang cenderung rentan tertular penyakit agar tidak mengikuti salat Iduladha.

Protokol kesehatan juga harus diterapkan pada proses penyembelihan hewan kurban. Ini juga didasarkan pada fatwa majelis ulama Indonesia (MUI) nomor 36 tahun 2020.

"Disarankan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan rumah potong hewan," katanya.

Masdar berharap surat edaran yang disampaikan sebagai imbauan dan anjuran itu bisa dilaksanakan pengurus masjid atau musala, serta masyarakat. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved