Breaking News:

Idul Adha 2020

MUI Belitung Timur Imbau Warga yang Sakit Jangan Salat Iduladha di Masjid

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur meminta warga yang sedang sakit jangan melaksanakan Salat Iduladha di masjid

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Sekretaris MUI Beltim Ekocahyo Heppy 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur meminta warga yang sedang sakit jangan melaksanakan Salat Iduladha di masjid atau dilakukan sendiri di rumah.

Sekretaris MUI Beltim Ekocahyo Heppy mengatakan hal tersebut karena dikhawatirkan akan membuat ibadah Salat Iduladha di masjid menjadi tidak khusuk.

"Jangan sampai kehadirannya membawa kemadhorotan antar sesama umat yang mengahadiri salat hari raya. Kalau sudah ada gejala flu, demam, atau batuk diimbau agar tidak melaksanakan salat iduladha berjamaah di masjid. Ini sebagai upaya preventif kita mencegah penularan virus corona," imbau Ekoheppy kepada posbelitung.co, Kamis (30/7/2020).

Hal ini, lanjut Eko, juga sesuai dengan surat edaran dari Menteri Agama yang boleh melaksanakan Salat Iduladha, namun harus memastikan kesehatan diri sebelum berkumpul dengan jamaah lainnya.

"Jamaah silakan melaksanakan salat di masjid atau lapangan, namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat," ungkap Eko.

Dari pantauannya, semua masjid yang melaksanakan salat iduladha besok sudah mengikuti protokol kesehatan covid-19. Tempat cuci tangan, sabun, handsanitizer, sudah tersedia di halaman masjid.

"Termasuk juga saat pemotongan hewan kurban semuanya harus memakai protokol kesehatan. Semoga ibadah salat iduladha kita semuanya lancar," harapnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved