Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Dua Anggota DPRD Kabupaten Belitung Positif Covid-19 Menjalani Isolasi di Pusat Karantina SKB

Direktur RSUD Marsidi Judono mengatakan dua anggota DPRD Kabupaten Belitung yang positif Covid-19 berstatus tanpa gejala klinis

BANGKA POS/RESHA JUHARI
DIJEMPUT - Seorang anggota DPRD dari Belitung (mengenakan jaket) memasuki mobil ambulance di salah satu Hotel di Kota Pangkalpinang, Minggu (2/8/2020). Anggota DPRD itu dijemput oleh Tim Satgas Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Bangka Belitung karena terkonfirmasi positif Covid-19. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra SpAn mengatakan dua anggota DPRD Kabupaten Belitung yang positif Covid-19 berstatus tanpa gejala klinis (asimptomatis).

Sesuai dengan protap terbaru, bagi pasien positif tanpa gejala dan gejala ringan tidak dirawat di rumah sakit.

"Kalau kondisinya bergejala sedang sampai berat kami rawat di RSUD sesuai protap terbaru. Kedua pasien itu (anggota DPRD) memilih isolasi di pusat karantina gedung SKB," ujarnya kepada posbelitung.co, Selasa (4/8/2020).

Ia menjelaskan bagi pasien tanpa gejala dan gejala ringan berdasarkan pedoman aturan diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah atau pusat karantina.

Jika isolasi mandiri di rumah harus memenuhi pedoman fasilitas isolasi yang khusus untuk dirinya sendiri seperti kamar, kamar mandi, peralatan makan, cuci baju dan lainnya.

Ditambah tidak boleh bertemu anggota keluarga yang lain, makanan disiapkan selama 10 hari masa isolasi selesai.

"Perkembangannya juga terus dipantau tim dokter dan petugas kesehatan Puskesmas setempat untuk mencatat perkembangan kondisi harian. Jadi cukup berat syaratnya," kata Hendra.

Namun jika menjalani isolasi mandiri di pusat karantina milik pemerintah secara otomatis sudah dilengkapi petugas dan SOP sesuai pedoman kesehatan.

"Bila dalam 10 hari isolasi kondisinya baik tanpa gajala maka mereka dapat ditetapkan status sembuh setelah menyelesaikan isolasi dan dapat beraktivitas seperti sediakala," ungkap Hendra. 

Gedung DPRD Belitung Disemprot Disinfektan

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved