Breaking News:

Aksi Balsan dari China, Jatuhkan Sanksi 11 Orang Pejabat Amerika Serikat

China akhirnya menjatuhkan sanksi kepada 11 orang Amerika, termasuk Senator Marco Rubio dan Ted Cruz, sebagai tanggapan atas langkah serupa yang ...

kompasiana.com
Presiden China. Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump 

POSBELITUNG.CO -- China akhirnya menjatuhkan sanksi kepada 11 orang Amerika, termasuk Senator Marco Rubio dan Ted Cruz, sebagai tanggapan atas langkah serupa yang diambil oleh Washington terhadap pejabat China dengan latar belakang tindakan keras keamanan Beijing di Hong Kong.

Adapun sanksi yang diberikan oleh negara dengan julukan 'Negri Tirai Bambu' ini dilakukan pada hari ini Senin  (10/8/2020).

Sebelumnya, pada pekan lalu, Washington menuduh 11 pejabat menekan "kebebasan dan proses demokrasi" di Hong Kong, termasuk pemimpin kota, Carrie Lam, dan mengumumkan bahwa mereka akan membekukan aset yang mereka miliki di Amerika Serikat.

Langkah itu dianggap sebagai tanggapan terkuat Washington sejauh ini atas penerapan undang-undang baru yang kontroversial di kota itu terkait dengan keamanan nasional oleh Beijing.

Itulah sebabnya, kini Beijing membalas dendam dengan memberi sanksi kepada 11 orang AS. Adapun sanksi AS tersebut adalah tindakan terberat dalam menanggapi penerapan UU Keamanan Nasional baru yang diberlakukan Beijing, yang luas dan kontroversial untuk Hong Kong.

Sosok Bocah Korban Bom Atom Nagasaki Jepang yang Gendong Jenazah Adiknya ini Masih Jadi Misteri

Dilansir dari france24, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, Senin (10/8/2020), mengindikasikan bahwa langkah AS tersebut merupakan "campur tangan yang mencolok dalam urusan dalam negeri China dan pelanggaran serius terhadap hukum internasional."

"China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada beberapa orang yang berperilaku buruk terkait isu-isu terkait Hong Kong," katanya.

Sanksi tersebut termasuk direktur "Human Rights Watch" Kenneth Roth dan kepala National Endowment for Democracy Karl Gershman.

Namun, Zhao tidak merinci rincian sanksi tersebut.

Senator Republik Rubio dan Cruz telah muncul sebagai dua dari pendukung paling menonjol dari gerakan pro-demokrasi di Hong Kong sejak protes besar-besaran, terkadang dengan kekerasan, meletus tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: Asmadi Pandapotan Siregar (CC)
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved