Breaking News:

Berita Belitung

Begini Saran DKPP BelitungTerkait Program Lumbung Pangan Kemhan 30.000 Hektar di Belitung

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, untuk program lumbung pangan

Posbelitung/Yuranda
epala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Destika Elenly 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, untuk program lumbung pangan yang diminta oleh Kementerian Ketahanan (Kemhan) dengan lahan 30.000 hektar sangat memungkinkan, apabila direalisasikan di Belitung.

Terutama di atas lahan eks tambang atau biasa di sebut KP Timah sangat memungkinkan untuk membangun lahan pertanian tersebut.

"Itu yang sangat memungkinkan dan bisa sekali di manfaatkan, apalagi Belitung ini banyak sekali lahan KP Timah, dan itu bisa sebagai rekalamasi. Tinggal nanti dibuatkan kelompok taninya," ungkap Destika kepada posbelitung.co, Sabtu (3/10/2020).

Selain itu, kata Destika, lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pinjam pakai, peruntukan program lumbung pangan yaitu Hutan Produksi (HP), HTI, dan HTR.

"Tinggal nanti dibuatkan kelompok. Kami yakin kan lahan itu masih banyak, untuk KP Timah, sejauh ini memang belum ada pembicaraan memang," ujarnya.

Namun, tanaman apa yang direalisasikan pada program ini, Destika menyarankan menggarap ubi kayu, lantaran tidak terlalu sulit dalam pengembangan tanaman.

"Saya dengar kemarin memang akan menggarap ubi kayu, dan itu sangat cocok, kalau ubi kayu kami yakin petani mau, yang penting ada jaminan pasarnya," kata Destika.

200 Hektar Lahan di Perbatasan 

Kementerian Pertahanan (Kemhan) meminta Belitung mempersiapkan 30.000 hektar lahan untuk mendukung program pembangunan food estate alias lumbung pangan.

Namun hingga sekarang, Belitung baru mendapati lahan 200 hektar untuk program tersebut, dan saat ini sedang dilakukan pembahasan.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved