Breaking News:

Pilot Pesawat Citilink Tak Bisa Menghindari Banyak Layangan, Saat Mendarat Ada Tersangkut di Roda

Sebelum melakukan pendaratan, pilot pesawat Citilink sudah melaporkan ke tower Bandara Adisucipto jika di sekitar bandara terpantau banyak layangan

(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)
Layang-layang yang menyangkut di landing gear sebelah kiri pesawat Citilink pada Jumat 23 Oktober 2020. (Foto dokumentasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto) 

POSBELITUNG.CO - Pendaratan pesawat Citilink rute Jakarta- Yogyakarta terganggu akibat layangan tersangkut di bagian roda.

Insiden ini pun kemudian menjadi sorotan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada hari Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 16.48 WIB.

Menurut Agus, sebelum melakukan pendaratan, pilot pesawat Citilink sudah melaporkan ke tower Bandara Adisucipto jika di sekitar bandara terpantau banyak layangan.

Baca juga:

--> Gus Nur Ditangkap Bareskrim Polri, Diduga Sebarkan Pernyataan Mengandung SARA

--> Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Lilit Velg Ban Mobil, Jalanan Jadi Macet Begini Proses Evakuasinya

"Saat di final approach, ketinggian kira-kira 1.000 feet, itu kira-kira areanya di fly over Janti agak ke Barat lagi, kira-kira ketinggian 200 meter. Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana," ucap Agus.

Agus menjelaskan, saat itu pilot pesawat Citilink terpaksa terus melanjutkan pendaratan karena layangan-layangan itu sulit dihindari.

"Tapi, kan sulit dihindari, karena di situ kan lintasan pesawat, dari tower juga sudah mengingatkan. Nah, ternyata pada saat mendarat ditemukan layang-layang menyangkut," kata dia.

Akibatnya, sebuah layangan berdiameter lebih kurang 50 meter menyangkut di roda pendaratan atau landing gear sebelah kiri.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved