Breaking News:

Dua Fokus Pemutihan Pajak Mulai 1 November 2020, Bebas Pokok dan Sanksi Administratif BBNKB dan PKB

Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir soal pokok dan sanksi admistratif BBNKB dan PKB yang tertunggak. Dua hal itu menjadi fokus pemutihan pajak.

Editor: M Ismunadi
bangkapos.com/Ajie Gusti Prabowo
PEMUTIHAN PAJAK - Sejumlah warga Pangkalpinang mengurus pembayaran pajak dalam pemutihan pajak kendaraan di UPTD/Samsat DPPKAD Kepulauan Babel Wilayah Kota Pangkalpinang, Selasa (1/8/2017). 

POSBELITUNG.CO - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemutihan (pembebasan) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kebijakan untuk membantu meringankan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 itu sesuai dengan surat peraturan gubernur (pergub) 66 tahun 2020 yang ditandatangani per tanggal 21 Oktober 2020.

Baca juga: CATAT! 1 November 2020 Mulai Pemutihan Pajak Kendaraan di Bangka Belitung

Kasi Penetapan, Pembukaan dan Pelaporan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap), Pangkalpinang Wedius Virkiyan mengatakan kebijakan pemutihan dimulai 1 November 2020 sampai dengan 31 Januari 2021.

"Selain BBNKB, PKB juga kita bebaskan dari pokok dan sanksi administratif yang tertunggak. Ini merupakan kebijakan pak gubernur bagi yang terkena dampak Covid-19, jadi diberi keringanan untuk pajak kendaraan bemotor dan meningkatkan realisasi juga," jelas Wedius saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Rabu (28/10/2020).

Dijelaskannya, syarat administratif mengikuti pemutihan ini tetap seperti standar biasa.

"Bila BBNKB, kendaraan dibawa karena ada tes fisik. Bila PKB, silahkan datang dengan membawa KTP asli. Seperti biasa dan tidak ada perubahan, cuma kita hapuskan yang menunggak jadi cukup bayar satu tahun," kata Wedius.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono menyaksikan simulasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui program Samsat Setempoh di Kantor Camat Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (21/1/2019).
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono menyaksikan simulasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui program Samsat Setempoh di Kantor Camat Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (21/1/2019). (Posbelitung)

Selain itu, pembayaran via online tetap bisa dimanfaatkan. Namun diakuinya, kendala aplikasi Salmonas (Samsat Online Nasional) kadang eror.

"Bisa pakai aplikasi, tapi jaringan sering eror, jadi lebih memudahkan untuk ke kantor. Tapi kami tetap upayakan bisa juga lewat online," sebut Wedius.

Baca juga: Hasil Lengkap & Klasemen Liga Champions, Titisan Cristiano Ronaldo Gemilang, Atalanta Cemerlang

Baca juga: 3 Buaya Sempat Dekati Mayat Wanita Pekerja Kafe yang Dibuang Tapi Jenazah Mamah Muda Itu Tetap Utuh

Diharapkan dengan program ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan yang dimiliki, sebab tahun berikutnya belum tentu ada.

Dikarenakan tanggal 28 hingga 30 cuti bersama, bagi masyarakat yang ingin mengikuti pemutihan ini bisa datang ke Kantor Samsat Pangkalpinang pada hari Senin, 2 November 2020.

( Bangkapos.com / Cici Nasya Nita )

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Tunggu Apalagi Yuk Bayar , 1 November 2020 Mulai Pemutihan Pajak Kendaraan di Bangka Belitung

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved