Breaking News:

Berita Belitung

KPPN Tanjung Pandan Percepat Penyaluran Dana Desa 2021 ke 17 Desa di Belitung

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Pandan telah menyalurkan dana desa tahap I bagi 17 desa dari 42 desa di Kabupaten Belitung.

IST/Dok KPPN Tanjung Pandan
Kepala KPPN Tanjung Pandan Yessy Silvia Maharini beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Pandan telah menyalurkan dana desa tahap I bagi 17 desa dari 42 desa di Kabupaten Belitung.

Penyaluran dana desa tahap I ini senilai Rp 6,2 miliar yang terdiri dari Rp 5,9 miliar dana desa non BLT dan Rp 293,1 juta buat BLT desa Januari ini.

"Kami mengapresiasi luar  biasa kepada pemda atas kerja sama dan sinerginya, sehingga
Kabupaten Belitung menjadi kabupaten pertama di Provinsi Bangka Belitung yang telah mendapat penyaluran Dana Desa tahap I tahun 2021," kata Kepala KPPN Tanjung Pandan Yessy Silvia Maharini dalam rilis yang diterima posbelitung.co, Kamis (21/1/2021).

Ia juga merinci, pada 2021 ini, pagu dana desa sebesar Rp 97,4 miliar yang akan disalurkan  melalui KPPN Tanjung Pandan yang terdiri dari Rp 50,1 miliar untuk 42 desa dan Rp 47,3 miliar bagi 39 desa di Belitung Timur.

Penyaluran dana desa kali ini akan dibagi menjadi dua prioritas yaitu prioritas BLT Desa  yang akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp. 300.000,- per KPM dari Januari-Desember 2021.

Baca juga: Begini Arahan Yuslih Ihza Saat Rapat Forkopimda Belitung Timur Bahas Lonjakan Kasus Covid-19

Serta prioritas Non BLT Desa yaitu buat pembentukan dan pengembangan serta revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), penyediaan listrik desa demi mewujudkan desa berenergi  bersih dan terbarukan serta pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan  dikelola oleh BUMDes.

Sejak tahun anggaran 2020, penyaluran Dana Desa dilakukan dengan mekanisme  penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah  (RKUD) dan penyaluran dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) dilakukan pada tanggal dan waktu yang sama.

Adanya mekanisme tersebut, diharapkan dana desa  akan lebih cepat diterima oleh desa, pengendapan Dana Desa di RKUD tidak akan  terjadi, serta tetap tercatat dalam APBD kabupaten/kota.

"Sama dengan 2020, Dana Desa di 2021 pun disalurkan berdasarkan desa yang  layak salur, sehingga pemda dapat mengajukan permintaan penyaluran Dana Desa ke  KPPN setelah melengkapi dokumen persyaratan penyaluran Dana Desa paling cepat Januari 2021," jelasnya.

Mekanisme penyaluran Dana Desa juga sama seperti tahun sebelumnya yang dibagi  dalam 3 tahap dengan komposisi untuk desa reguler. Persentase penyaluran tahap I sebesar 40 persen, tahap II sebesar 40 persen, dan tahap ketiga sebesar 20 persen.

Yessy berharap, percepatan penyaluran dana desa dapat mendorong 25 desa lainnya di  Kabupaten Belitung serta 39 Desa di Kabupaten Belitung Timur agar segera mengajukan persyaratan penyaluran dana tersebut.

Sehingga dapat melakukan percepatan realisasi anggaran guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Berikut 17 Desa yang Telah Menerima Penyaluran Dana Desa Tahap I 2021:

* Desa Perpat
* Desa Sungai Samak
* Desa Kembiri
* Desa Bantan
* Desa Mentigi
* Desa Pulau Seliu
* Desa Padang Kandis
* Desa Selat Nasik
* Desa Petaling
* Desa Suak Gual
* Desa Air Seruk
* Desa Sungai Padang
* Desa Badau
* Desa Air Batu Buding
* Desa Kacang Butor
* Desa Pegantungan
* Desa Ibul

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved