Breaking News:

Berita Belitung Timur

Dorong Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Terpilih Belitung Timur Prioritaskan Pertanian

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur, Bayu Priyambodo, mengatakan satu di antara prioritas Bupati terpilih Belitung Timur adalah pertanian

(Istimewa dokumentasi pribadi)
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur, Bayu Priyambodo saat mengikuti paparan laporan akhir dan naskah akademis RIPP pada tahun 2019 lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kepala Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur, Bayu Priyambodo, mengatakan satu di antara prioritas Bupati terpilih Belitung Timur adalah bidang pertanian.

Hal itu sejalan dengan Rencana Induk Pembangunan Pertanian (RIPP) yang telah disusun Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur bersama Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, tahun 2019 lalu.

Menurut Bayu penyusunan RIPP juga diikuti dengan implementasi tanaman padi di kawasan persawahan Danau Nujau yang menghasilkan panen cukup baik.

Setelah pengujian kandungan tanah yang bertujuan memetakan potensi pertanian berdasarkan wilayah

"Pada tahun 2019 kemarin kami menyusun Rencana Induk Pembangunan Pertanian. Kami kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto. Alhamdulillah, salah satu inovasi produk dari Fakultas Pertanian Unsoed adalah varietas padi Infago dan sudah ditanam di Danau Nujau dengan hasilnya bagus," ujar Bayu Senin (22/2/2021).

RIPP yang sudah selesai dikerjakan akan diajukan menjadi Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini sudah masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda).

"Untuk pengembangan ini, kami akan Perdakan tahun ini dan sudah masuk Prolegda di masa sidang pertama. Hasil dokumen yang kami susun, sudah disusun juga naskah akademisnya dan siap di Perdakan. Itu akan memayungi pembangunan pertanian secara umum," jelas Bayu.

Bayu, Perda RIPP akan jauh lebih lengkap karena telah melampirkan pengujian kualitas tanah di seluruh wilayah Kabupaten Beltim.

Hal itu menurutnya karena dalam pembangunan pertanian ada yang sifatnya kewilayahan yakni daerah mana yang cocok untuk tanaman tahunan, musiman, tanama keras hingga karakteristik tanah serta intervensi apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tanah.

"Dari Perda akan kembali kami turunkan berkenaan dengan varietas unggulan yang bisa dikembangkan di wilayah-wilayah itu. Kami ingin investasi anggaran Pemda bisa lebih tepat sasaran dan tepat guna," ujar Bayu.

Dia menyampaikan hal itu guna mendorong kesejahteraan masyarakat dan merangsang pertanian sebagai alternatif ekonomi bagi masyarakat. (posbelitung.co,suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved