Breaking News:

Info Kesehatan

Obat Asam Urat Sebenarnya Sederhana, Cukup Mengubah Gaya Hidup!

Asupan makanan bergula dan fruktosa yang tinggi dapat merusak kadar asam urat dalam tubuh.

Editor: Rusaidah
Freepik.com
Obat alami mengatasi asam urat cukup melakukan perubahan gaya hidup. 

POSBELITUNG.CO - Asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyakit asam urat yang tidak segera diatasi dapat membahayakan pengidap asam urat karena sebabkan komplikasi kesehatan, seperti asam urat kronis, kerusakan sendi, muncul batu ginjal yang dapat mengganggu fungsi ginjal, penyakit ginjal, dan penyakit jantung koroner.

Dilansir dari American Diabetes Association, sebetulnya cukup mengubah gaya hidup, dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Berikut caranya;

1. Berhenti mengonsumsi daging merah

Daging merah memiliki jumlah protein hewani tertinggi, tetapi protein ini juga tinggi purin. Karena penumpukan purin dalam darah dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan asam urat.

Disarankan untuk menghindari daging merah seperti daging babi, kambing, dan sapi untuk menjaga tingkat purin dalam tubuh tetap terkendali.

2. Membatasi makanan kaya purin

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved