Breaking News:

Berita Belitung Timur

Covid-19 Melonjak di Belitung Timur, Ini Langkah-langkah yang Diambil Bupati Burhanudin

Tren kasus positif covid-19 di Belitung Timur menanjak sejak beberapa minggu terakhir. Bahkan kemarin menembus 51 kasus baru dalam satu hari.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Bupati Belitung Timur Burhanudin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tren kasus positif covid-19 di Belitung Timur menanjak sejak beberapa minggu terakhir. Bahkan kemarin menembus 51 kasus baru dalam satu hari.

Menyikapi hal ini Bupati Belitung Timur Burhanudin mengaku bakal merumuskan skema penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di desa-desa.

Sebelum itu, dia mengaku sudah menginstruksikan kepada setiap desa agar melakukan pengklasteran atau zonasi di wilayahnya masing-masing.

"Akan kita rumuskan dan akan segera kita berlakukan jika tren ini terus menanjak. Kita minta satgas agar segera melakukan rapat internal dalam menindaklanjuti ini," kata Burhanudin kepada posbelitung.co, Rabu (21/4/2021).

Burhanudin bilang banyak hal yang harus diperhatikan sebelum PPKM Mikro ini diberlakukan, beberapa di antaranya dari aspek ekonomi dan sosial. Karena, lanjutnya, dengan menerapkan skema ini ruang gerak masyarakat bakal terbatas.

Ia menilai wilayah ada beberapa desa di Kecamatan Manggar yang bakal dilakukan PPKM Mikro terlebih dahulu karena angka positif warganya yang tinggi.

"Tapi saat ini sebelum skema itu diwujudkan kita harus bisa mencegah dan saling mengingatkan soal protokol kesehatan ini. Jangan berkerumun dan selalu pakai masker," pesannya.

Ia juga meminta kepada satgas agar melakukan pengetatan SOP penanganan covid-19. Test, Tracing, dan Treatment menurutnya harus dikencangkan supaya penyebaran paparan virus corona bisa diputus.

Dia mengatakan sebagian besar orang yang positif covid-19 tidak ada gejala sehingga hal ini yang harus benar-benar diantisipasi.

"Mari kita edukasi masyarakat bahwa yang suka bepergian ataupun terpaksa berkerumun karene pekerjaannya yang berisiko, cek secara rutin ke fasilitas kesehatan terdekat.”

“Hal itu berguna untuk mengetahui kondisi diri kita serta menghindari kita sebagai carrier virus itu," tutupnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved