Breaking News:

Berita Belitung

Bikin Konten Pertanian, Anak Muda Belitung Ini Tiap Bulan Dapat Gaji dari Youtube

Ahmad Syaifullah, pemuda asal Dusun Parit Gunong, Desa Aik Batu Buding, Kecamatan Badau Belitung ini kini bisa menikmati pundi-pundi rupiah

IST/Dok Ahmad Syaifullah
Ahmad Syaifullah, pemuda Belitung pemilik akun YouTube Anak Petani saat memegang silver play button, Sabtu (24/4/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ahmad Syaifullah, pemuda asal Dusun Parit Gunong, Desa Aik Batu Buding, Kecamatan Badau Belitung ini kini bisa menikmati pundi-pundi rupiah dari YouTube.

Melalui akun Anak Petani, pemuda ini membagikan konten-konten seputar perawatan tanaman seperti cabai, terong, juga tanaman hias. Tak hanya itu, baru-baru ini, dia pun mendapat silver play button karena telah memiliki 100 ribu subscriber.

Kepada posbelitung.co, Sabtu (24/4/2021), Syaiful mengatakan bagi vlogger tutorial baginya tak butuh banyak perangkat. Buat merekam video, editing, hingga mengunggah video, Syaiful hanya memanfaatkan smartphone miliknya.

Menelisik perjalanannya, pria 32 tahun ini menceritakan bahwa bertani cabai dan sayuran sudah lama digelutinya.

Hasil belajar bertahun-tahun lalu dibagikannya melalui grup Facebook Petani Cabe Nusantara yang kini pengikutnya sudah 256 ribu orang. Pada saat anggota grup mencapai 30 ribu pengikut, banyak yang menyarankannya agar membuka akun YouTube.

"Awalnya aku dak pandai, istilahnya main hp aja asal-asalan. Tapi banyak yang nyaranin, katanya buat aja biar dapat duit juga," kata Syaiful.

Semakin termotivasi lantaran sang adik yang juga membuat konten video di YouTube, mulailah ia belajar dan membuat akun pada 2018 lalu.

Meski begitu, tak percaya diri membagikan metode bertani cabai, Syaiful justru membuat konten perawatan tanaman hias milik orang tuanya. Rupanya, video itu sempat dikomplain.

"Ada yang bilang ke aku, katanya orang yang buka YouTube kan pasti orang yang belum mahir, makaya mau belajar," cerita dia.

Barulah, dari situ Syaiful mulai membagikan konten bertanam hingga merawat cabai. Ia juga belajar dari youtuber-youtuber lokal yang lebih dulu punya pengikut seperti alm. Rudi dan Andi yang punya konten memancing.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Zulkodri
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved