Breaking News:

Berita Belitung

Sulap Cangkang Kerang Jadi Lampu Hias Unik, Karya Siswi SMAN 1 Tanjungpandan Begitu Memukau

Berbekal kreativitas, cangkang kerang yang seringkali dibuang begitu saja mampu menjadi karya unik. Di tangan Erlinda Varis, siswi SMA Negeri 1 Tanjun

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Berbekal kreativitas, cangkang kerang yang seringkali dibuang begitu saja mampu menjadi karya unik. Di tangan Erlinda Varis, siswi SMA Negeri 1 Tanjungpandan, kulit-kulit kerang disulap menjadi lampu hias unik berbentuk bunga.

Karyanya ini terpilih sebagai juara pertama pada festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) Bangka Belitung, hingga mengantarkannya jadi peserta FLS2N tingkat nasional. 

"Kalau dulu kami rajin ngeremis (mencari keremis—sejenis kerang), kulit kerangnya tidak digunakan, langsung dibuang. Lalu aku mulai kumpulkan, biar ketika bosan bisa dibuat sesuatu," kata remaja yang tinggal di Desa Air Saga, Tanjungpandan, Kamis (2/9/2021). 

Dari inisiatifnya mengumpulkan cangkang kerang, ternyata ia pun mendapat kesempatan ikut lomba kriya. Dari mulai ditingkat sekolah, kreasi kulit kerang Varis rupanya mendapat sambutan yang baik hingga membawanya menjadi juara pada FLS2N tingkat provinsi. 

Ajang FLS2N yang digelar secara virtual membuatnya menunjukkan cara membuat kerajinan kerang. Selain cangkang kerang, ada bahan lain yang juga digunakan untuk membuatmu lampu hias.

Seperti serat mat, resin, mirror glaze, katalis, pencetak, bohlam, fitting lampu, colokan, dan kabel. Ditambah juga alat-alat berupa lakban, lem tembak, isi lem tembak, pengering, wadah dan stik, sarung tangan.

Pengerjaan lampu hias pun dimulai dengan mengenakan sarung tangan, lalu mengoleskan mirror glaze ke pencetak dilanjutkan memasukkan serat mat ke dalam pencetak. 

Setelahnya, Varis mencampur resin dan katalis lalu mengoleskan campuran ke pencetak hingga merata dan mengeringkan cetakan menggunakan pengering. Setelah kering, dengan telaten ia merapikan bagian serat mat yang melebihi cetakan dilanjutkan mengeluarkan serat mat dari dalam cetakan. 

Tangannya pun lincah menggabungkan dua serat mat membentuk bola. Kemudian merekatkan cangkang kerang si permukaan serat mat. Satu per satu cangkang disusun membentuk tumpukan bunga-bunga.

Hasil karya lampu hias pun jadi setelah ia memasukkan rangkaian lampu pada kerajinan dari cangkang kerang. 

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved