Breaking News:

Berita Belitung Timur

Sari Bersyukur dan Bahagia Dapat Kesempatan Lanjut Sekolah D-1, Bisa Banggakan Orangtua

Sari lulusan SMK Negeri 1 Dendang merasa senang sebab dia bisa melanjutkan pendidikannya ke setingkat lebih tinggi yakni pendidikan setara D-1.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Direktur Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan Poltak Evencus Hutajulu mengalungkan kartu kepada perwakilan mahasiswa yang ikut pendidikan setara D-1 disaksikan Bupati Burhanudin dan GM PT SMM Juli Wankara, Senin (6/9/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sari lulusan SMK Negeri 1 Dendang merasa senang sebab dia bisa melanjutkan pendidikannya ke setingkat lebih tinggi yakni pendidikan setara D-1.

Pendidikan vokasi itu merupakan hasil dari kerjasama MoU antara PT Sahabat Mewah dan Makmur dengan Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan yang ditandatangani hari ini Senin (6/9/2021) di ANJ Learning Center Dendang.

Gadis berusia 18 tahun itu menceritakan proses terpilihnya dia menjadi salah satu penerima beasiswa pendidikan tersebut yakni dari pengumuman di sekolahnya.

Saat dia baca kemudian tertarik dan langsung menyiapkan segala persyaratannya, termasuk proses seleksi administrasi dan ujian tertulisnya.

"Alhamdulillaah bersyukur sekali dan bahagia karena tidak semua bisa dapat kesempatan ini masuk kuliah apalagi gratis dak bisa mudah masuk fakultas apalagi gratis," kata Sari yang memilih jurusan Teknik Kimia dan Proses.

Senada, Risna Wahyuni lulusan SMA Negeri 1 Gantung juga senang bisa berkuliah walaupun hanya setara D-1. Dia mendaftar kuliah ini karena keinginannya sendiri dan mendapat dukungan penuh dari orangtua.

"Saya punya tekad ingin membanggakan orangtua. Jadi salah satu caranya ikut pendidikan yang lebih tinggi sehingga nantinya bisa bekerja sesuai dengan kompetensi jurusan," kata Risna.

Terpisah, Direktur Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan Poltak Evencus Hutajulu mengapreasi adanya kerjasama ini. Menurutnya hal ini sangat positif untuk menunjang peningkatan SDM di Belitung Timur.

Dia menjelaskan program ini akan berjalan selama tiga tahun, dengan rincian satu tahun akademik berkuliah dan dua tahun monitoring.

"Jadi setelah kami beri pendidikan sesuai jurusan pilihan tidak akan kami tinggal begitu saja, ada monitoringnya. Salah satu poin dalam MoU hari ini juga yaitu perusahaan wajib menyerap mereka-mereka yang ikut program ini ke perusahaan mereka," kata Poltak.

Dia menambahkan nantinya 60 mahasiswa akan dibagi dalam dua kelas yakni jurusan Teknik Mekanik dan Teknik Kimia dan Proses. Terkait dosen pengajar dia mengaku akan mendatangkannya langsung dari Medan.

"Terkait sistem pembelajaran kami akan usahakan dengan tatap muka namun tetap disertai protokol kesehatan ketat," tutup Poltak.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved