Breaking News:

Pekan Pertama 2022, Harga Lada di Belitung Stabil di Atas Rp80 Ribu Perkilo

Ia menjelaskan jika petani langsung menjual hasil panen kepada eksportir terdapat selisih sekitar empat ribu atau di harga Rp89 ribu perkilonya.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/dede s
Kabid Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Hamzah. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pergerakan harga jual lada putih di Kabupaten Belitung pada minggu pertama Januari 2022 berkisar antara Rp83-85 ribu perkilonya.

Menurut Kabid Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Hamzah pergerakan harga tersebut masih terbilang baik di atas break even poin (BEP) Rp65 ribu perkilo.

"Harga lada ini mulai stabil Maret 2021 sekitar Rp80 ribu dan terus naik mencapai Rp98 ribu perkilonya. Minggu terakhir Desember 2021 kemarin turun sampai sekarang di kisaran Rp83-85 ribu perkilo," ujarnya kepada posbelitung.co, Senin (10/1/2022).

Ia menjelaskan jika petani langsung menjual hasil panen kepada eksportir terdapat selisih sekitar empat ribu atau di harga Rp89 ribu perkilonya.

Tetapi banyak pertani lokal yang bekerja sama dengan pengepul karena terikat jasa dan lainnya.

Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya mendatangkan eksportir agar harga lada di Belitung terus membaik.

"Sebenarnya siapa saja yang mau menjual diterima tapi kebanyakan petani banyak terikat dengan pengepul," katanya.

Hamzah menambahkan tingkat produksi lada di Belitung juga menurun dikarenakan faktor cuaca.

Sama halnya dengan masa panen raya yang biasanya pada Juni sampai Agustus cenderung tidak menentu karena curah hujan tinggi.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, produksi 2020 tercatat sekitar 5000 ton tetapi pada 2021 menurun sekitar 3000 ton.

"Itu dikarenakan cuaca, karena kalau musim hujan banyak buah yang tidak jadi. Tapi kalau produksi menurun biasanya harga meningkat karena permintaan tinggi," katanya.

(posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved