Erzaldi Sebut Kendaraan Listrik Bakal Digunakan Delegasi DWG G20 di Belitung sebagai Official Car

Para delegasi negara-negara yang datang di G20 akan mengendarai kendaraan listrik selama acara berlangsung.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Kominfo Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengendarai mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor PLN Babel, Rabu (27/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pelaksanaan Development Working Group The Group of Twenty ( DWG G20) 2022 yang dilakukan di Pulau Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang, mengundang banyak perhatian.

Para delegasi negara-negara yang datang di G20 akan mengendarai kendaraan listrik selama acara berlangsung.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan, pihaknya terus mendorong para delegasi negara-negara G20 menggunakan kendaraan listrik selama pelaksanaan G20 di Belitung.

"Mobil listrik ini nantinya akan digunakan delegasi G20 sebagai official car (kendaraan resmi, red), tetapi itu putusan pusat, kita hanya memberikan dorongan," kata Erzaldi kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

Kemudian, kata Erzaldi, untuk bahan bakar listriknya PLN nanti akan membangun satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pulau Belitung.

" Babel sudah ada satu di kantor PLN, nanti di Belitung akan dibangun satu lagi. SPKLU di Belitung ini dibangun untuk kemudahan kendaraan listrik mengisi energinya," lanjutnya.

Mengenai berapa jumlah unit mobil listrik yang disiapkan, Erzaldi mengatakan, dirinya belum dapat berkomentar sebab merupakan keputusan pemerintah pusat.

"Kita tunggu keputusan pusat karena pusat yang menentukan, makanya kita tidak tahu berapa unit kendaraan listrik di Belitung nantinya. Intinya kita berharap pemerintah pusat penyetujui penggunaan kendaraan listrik untuk G20," tegasnya.

Erzaldi menilai, kendaraan listrik ini sangat hemat apabila digunakan dalam pelaksanaan DWG G20 nantinya.

"Kita dorong masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik ini, satu Kwh-nya hanya Rp2.400 sangat murah sekali, terlebih kendaraan listrik ini ramah lingkungan sehingga mengurangi emisi," ucapnya.

Sementara, GM PLN UIW Babel, Amris Adnan, mengatakan, SPKLU yang diresmikan pertama di Babel, pada Rabu (27/1/2022) kemarin di kantor PLN Babel, nantinya akan sama dibangun di Pulau Belitung.

Tujuannya, untuk mendukung pelaksanaan G20.

"Kita support sekali G20 ini gunakan kendaraan listrik, ini sangat baik, kita harapkan pemerintah pusat dapat menyetujuinya," kata Amris.

Amris memastikan kesiapan SPKLU akan dilakukan karena Delegasi DWG G20 nantinya menggunakan kendaraan listrik sebagai official car.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved