Webinar Tribun Series Bersama Kemendag Bahas Cara UMKM Lokal Bersaing di Dunia

Kemendag bersama Tribun menghadirkan webiner tentang strategi pengembangan UMKM lokal dalam pemulihan ekonomi nasional dan bersaing secara global.

DOK. Istimewa
Webinar Tribun Series bertajuk “Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit”. Webinar Tribun Series bertajuk “Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit” yang digelar pada Rabu, 18 Mei 2022 pukul 15.00 melalui platform Zoom dan Youtube. 

POSBELITUNG.CO - Pandemi Covid-19 tak hanya mengganggu sektor kesehatan, tetapi juga berdampak buruk pada tatanan perekonomian Indonesia. 

Anjloknya perekonomian Indonesia terlihat dari jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) yang menurun hingga mencapai -2,07 persen pada 2020. Padahal, pada 2019 PDB Indonesia masih tumbuh hingga 5,02 persen.

Namun demikian, seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia, kondisi perekonomian nasional kini semakin membaik.

Berbagai program pemulihan ekonomi nasional telah dilakukan pemerintah bersama seluruh stakeholder, terutama yang berfokus pada penguatan sektor usaha mikro kecil menengah ( UMKM).

Seperti diketahui, sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang memiliki daya tahan tinggi dalam menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global.

Data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyebutkan, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap PDB sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun.

Sektor bisnis UMKM juga memiliki peranan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Hal itu terlihat kemampuan UMKM yang mampu menyerap 97 persen tenaga kerja dan mengintegrasikan investasi sebesar 60,4 persen.

Sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional, penguatan sektor UMKM lokal salah satunya melalui potensi UMKM Bangka Belitung juga didorong untuk terus dikembangkan agar mampu bersaing di pasar global.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai strategi pengembangan UMKM lokal dalam pemulihan ekonomi nasional dan mewujudkan produk Indonesia yang mampu bersaing di dunia, Tribunnews bersama Kementerian Perdagangan ( Kemendag) menggelar Webinar Tribun Series bertajuk “Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit”.

Webinar tersebut akan dipandu Geok Mengwan dan dimoderatori Febby Putra Mahendra. Sejumlah narasumber juga akan hadir dalam webinar series episode kedua ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved