Obat Herbal

Manfaat Bawang Merah, Obat Herbal untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat bawang merah, memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, sering dijadikan obat herbal, salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Fitriadi
tribunnews.com
Manfaat bawang merah, obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah 

POSBELITUNG.CO -- Bawang merah adalah salah satu jenis rempah-rempah dasar yang hampir selalu digunakan dalam setiap olahan masakan.

Bawang merah memiliki bentu pipih agak bulat, berukuran kecil, diameter 1.00-2.27. dan tinggi 1.5-2.25 cm, serta berat bawang merah per umbi sekitar 5-10 gram.

Selain itu, bawang merah dikenal sebagai tanaman semusim yang memiliki umbi berlapis, akar serabut, serta memiliki daun berbentuk silinder dan berongga.

Tanaman rempah ini terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang, kemudian berubah bentuk membesar dan membentuk umbi.

Baca juga: Manfaat Daun Mengkudu, Obat Herbal untuk Menurunkan Diabetes, Begini Cara Mudah Membuatnya

Baca juga: Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi di Tubuh, Batas Normal hingga Obat Herbal Alami

Baca juga: Manfaat Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan, Obat Herbal Mencegah Kanker hingga Menjaga Kesehatan Ginjal

Bawang ini bisa dipanen setelah umur 50 hingga 58 hari setelah ditanam, dan setelah dipanen bisa bertahan antara 3 hingga 4 bulan untuk masa penyimpanan.

Bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kerap kali digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Bawang merah mengandung berbagai macam nutrisi, seperti zat besi, zinc, protein, karbohidrat, kalium, kalsium, asam folat, dan lebih banyak lagi.

Selain mengandung berbagai macam zat nutrisi tersebut, bawang merah juga mengandung berbagai macam zat antioksidan, seperti polifenol, quertecin, saponin, dan flavonoid.

Salah satu manfaat bawang merah yang harus Anda ketahui adalah bawang merah mempunyai peranan penting dalam menurunkan kadar glukosa atau kadar gula dalam darah.

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat menimbulkan berbagai macam gangguan atau komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan dari berbagai macam fungsi organ-organ tubuh.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved