Breaking News:

Info Kesehatan

Gejala DBD dan Pencegahan, Kenali Cirinya Sebelum Terlambat

Demam berdarah jarang menyebabkan kematian. Namun, infeksi dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai demam berdarah

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
Kompas.com
Di tengah pandemi covid-19, jumlah korban DBD juga ikut bertambah. 

POSBELITUNG.CO -- Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh empat virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Demam berdarah jarang menyebabkan kematian. Namun, infeksi dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai demam berdarah parah atau demam berdarah dengue (DBD).

Apa itu demam berdarah?

Dilansir Healthline, 11 Juni 2021, demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan nyamuk yang umum di banyak negara tropis dan subtropis.

Diperkirakan terdapat 50 juta infeksi terjadi setiap tahun menurut sebuah studi.

DBD dapat terjadi ketika seseorang digigit nyamuk yang terinfeksi atau terkena darah yang terinfeksi. Nyamuk adalah penyebab paling umum.

Ada empat jenis virus dengue yang berbeda. Setelah Anda tertular salah satu virus, Anda mengembangkan kekebalan terhadap virus itu selama sisa hidup Anda.

Namun, kekebalan ini tidak akan melindungi Anda dari virus lain. Dimungkinkan untuk tertular keempat jenis virus dengue yang berbeda dalam hidup Anda.

Faktanya, terpapar satu jenis virus dengue membuat Anda rentan terhadap demam berdarah parah saat Anda terpapar virus yang berbeda.

Dengan kata lain, paparan berulang terhadap virus dengue dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena DBD.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved