Breaking News:

Berita Belitung Timur

Batik Mangrove BUMDes Mekar Jaya Laris Manis, Tawarkan Lima Motif Menarik  

Batik Mangrove khas BUMDes Mekar Jaya, Waterboom Sungai Manggar, Beltim sepekan ini laris manis. Motifnya terdiri atas lima motif

Penulis: vine febriani | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Yanti sedang mengukir batik motif cangkir, Sabtu (24/9/2022). (Posbelitung.co/Vine Febriani) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Batik Mangrove khas BUMDes Mekar Jaya, Waterboom Sungai Manggar, Belitung Timur (Beltim) sepekan terakhir, laris manis. Motifnya terdiri atas motif kembang kramunting, daun nipah, buah nipah, cangkir dan rusa.

Sejak sepekan terakhir, lima motif ini sangat digemari oleh pecinta bati. "Sepekan ini 20 batik sudah laku untuk Even Fashion Show Batik Kabupaten Beltim pada 6 Oktober 2022 nanti," kata Yanti, Pengerajin Batik Manggrove kepada Oosbelitung.co, Sabtu (24/9/2022).

Batik Mangrove kata Yanti masih terus diproduksi guna memenuhi kebutuhan pelanggan, sekaligus untuk melayani masyarakat yang di luar even tersebut.

Batik Mangrove merupakan batik alami yang memiliki motif keanekaragaman tumbuhan dan kebudayaan masyarakat di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Batik ini Produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal berkualitas yang terus dijaga oleh pihak desa setempat.

Diproduksi dengan pewarna alami dari buah mangrove dan memiliki variasi motif serta warna yang lembut (soft). " Batik kami ini sangat cocok bagi pengguna yang alergi dengan pakaian pewarna sintetis," kata Yanti.

Sementara itu pewarna alami yang mereka gunakan menggunakan tanaman yang ada di sekitar Sungai Manggar, seperti buah bakau, kulit kayu mahoni, kulit nangka dan kayu scang.

Namun demikian, para pengrajin batik juga memiliki batik yang menggunakan pewarna sintetis. Namun mereka lebih mempertahankan kualitas batik menggunakan pewarna alami. (Posbelitung.co/Vine Febriani)


Tips Cara Perawatan Batik Mangrove BUMDes Mekar Jaya :

1. Gunakan fitur delicate atau handwash saat mencuci dengan mesin cuci.
2. Gunakan buah lerak 
3. Pakai detergen khusus untuk menjaga warna batik.
4. Rendam air hangat untuk menghilangkan noda
5. Hindari memeras kain batik

 
 


 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved