Human Interest Story

Kisah Pengusaha Sukses Peleburan Baja, Beralih Profesi Belajar Budidaya Kepiting hingga ke Vietnam

Peter Nugraha (75) merupakan pengusaha sukses. Ia behasil merangkul Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung Timur (Beltim) dalam budidaya kepiting bakau.

Penulis: vine febriani | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Peter Nugraha (75), pengusaha suskes yang memiliki Industri Kepiting Bakau di Desa Terong, Kecatamatan Tanjungpandan, Belitung.(Posbelitung.co/Vine Febriani) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Peter Nugraha (75) merupakan pengusaha sukses. Ia behasil merangkul Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung Timur (Beltim) dalam upaya mengembangkan budidaya kepiting bakau.

Tak heran jika Peter Nugraha diundang oleh Pemda Belitung  Timur untuk mengisi Acara Sosialisasi Program Pembudidayaan Kepiting Ranjungan dan Kelemangok (Kepiting Bakau). Sosialisai itu diselenggarakan oleh Pemda Beltim, Senin (26/9/2022).

"Saya tidak mencari uang di sini, saya hanya ingin mengajak Pemda untuk lebih jelih masalah pembudidayaan di bidang perikanan," kata Peter kepada Posbelitung.co, Senin(26/9/2022), usai sosialisasi.

Sejak Tahun 2018, Peter mengaku telah merintis industrinya yang terletak di Desa Terong, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Bahkan pengusaha sukses ini sampai belajar ke Vietnam dan mendatangkan langsung profesornya ke Belitung untuk belajar budidaya kepiting.

Dulunya Peter memiliki Pabrik Wiremesh dan peleburan baja. Namun karena sudah 40 tahun bergelut di bidang itu ia merasa bosan dan beralih ke sektor perikanan.

"Saya memiliki budidaya kerapu, tripang, abalon dan banyak biota air lainnya, yang tak hanya terletak di Belitung saja tapi ada di Jakarta, Sulawesi dan lainnya," katanya.


Menurut Peter, budidaya perikanan khususnya kepiting miliknya ini merupakan satu-satunya budidaya kepiting yang terintegritas, yakni mulai telur, berkembang biak, hingga dipanen di Indonesia. "Mestinya Orang Belitung harus bangga akan hal ini," ujarnya.

Menurutnya, potensi Belitung ini sangat besar di bidang ini. Namun mindset juga penting dikembangkan dan diperluas. Jangan hanya mengharapkan dan melakukan hal yang instan, karena hal ini membutuhkan proses dan waktu yang lama serta konsistensi dan kemauan harus dijaga.

Peter juga menyetujui permintaan para kepala desa (Kades) yang ingin merealisasikan program ini. Masalah bibit gratis dan ia dapat mengirim tim-timnya untuk melakukan survei ke desa yang memiliki potensi untuk budidaya tersebut. ( Posbelitung.co/Vine Febriani)

 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved