Berita Belitung

Kodim 0414 Belitung Lakukan Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan di Kampong Reklamasi

Kodim 0414 Belitung mengadakan kegiatan penanaman pohon dan tabur benih ikan di Kampong Reklamasi, Selingsing.

Penulis: vine febriani | Editor: nurhayati
Kodim 0414 Belitung Lakukan Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan di Kampong Reklamasi - 20221003-dandim1.jpg
Posbelitung.co/Vine Febriani
Letkol Inf Hairil Achmad, Dandim 0414 Belitung Sedang melakukan penanaman pohon di Kampong Reklamasi, Selingsing, Kecamatan Gantung, Senin (3/10/2022).
Kodim 0414 Belitung Lakukan Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan di Kampong Reklamasi - 20221003-bupati1.jpg
Posbelitung.co/Vine Febriani
Bupati Belitung Timur, Burhanuddin Sedang melakukan penanaman pohon di Kampong Reklamasi, Selingsing, Kecamatan Gantung, Senin (3/10/2022).

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kodim 0414 Belitung mengadakan kegiatan penanaman pohon dan tabur benih ikan di Kampong Reklamasi, Selingsing, Kecamatan Gantung, Senin (3/10/2022). 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dandim 0414 Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad mengatakan, kegiatan ini merupakan impelementasi dalam kolaborasi konservasi, serta rehabilitasi lahan terbuka dan krisis, di mana lokasi penanaman dan tabur benih ikan ini merupakan lahan eks tambang.

Baca juga: Bupati Belitung Sahani Saleh Resmikan Operasional Pelabuhan Tanjung Batu

Baca juga: Gelar Ops Zebra Menumbing 2022, Polres Belitung Timur Imbau Pengendara

Menurutnya, tujuan kegiatan ini supaya wilayah Belitung menjadi tanah hijau kembali dan menjadi tanah yang subur, karena ada beberapa wilayah yang sudah kritis, tandus, dan sudah kehilangan pohon-pohon. 

Untuk itu, kegiatan ini upaya memulihkan kembali menjadi tanah yang pontensial dan hijau sehingga menjadi bermanfaat bagi kegitan masyarakat yang ada di sekitar Belitung Timur ini.

"Penanaman ini dilakukan seluas 1 hektare hari ini, mungkin selanjutnya akan dilanjutkan kembali sesuai dengan program dari bapak Danrem," kata Hairil kepada Posbelitung.co, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Kepala Dishub Babel Tegaskan Bandara H AS Hanandjoeddin Berstatus Bandara Internasional

Selain penanaman, dilakukan juga tabur benih ikan sekitar kurang lebih 3.000 ekor, di mana nantinya masyarakat sekitar bisa memancing dan berekreasi di lokasi ini. 

"Ke depannya juga kalau ikannya udah agak besar, akan di adakan lomba mancing," ujarnya.

Letkol Inf Hairil Achmad, Dandim 0414 Belitung bersama Bupati Belitung Timur, Burhanuddin bersama-sama menabur ikan sebanyak kurang lebih 3000 benih di kolam eks tambang Kampong Reklamasi, Selingsing, Kecamatan Gantung, Senin (3/10/2022).
Letkol Inf Hairil Achmad, Dandim 0414 Belitung bersama Bupati Belitung Timur, Burhanuddin bersama-sama menabur ikan sebanyak kurang lebih 3000 benih di kolam eks tambang Kampong Reklamasi, Selingsing, Kecamatan Gantung, Senin (3/10/2022). (Posbelitung.co/Vine Febriani)

Pada kesempatan ini, Bupati Belitung Timur, Burhanuddin, mengatakan bahwa program hijau biru ini merupakan program yang telah dicanangkan oleh Pemprov Bangka Belitung (Babel), bahwa Babel ini memiliki lahan kritis eks tambang yang cukup banyak.

Untuk itu, khususnya Pemda Belitung Timur sangat mendukung kegiatan ini sekaligus merayakan HUT ke-77 TNI.

"Semoga inovasi ini bisa membuat belitung timur menjadi pulau yang hijau biru," harap Burhanuddin.
( Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved