Berita Belitung

Diduga Timbun BBM Bersubsidi, Pria ini Dituntut Satu Tahun Penjara dan Denda Lima Juta

Ketua majelis hakim Decky Christian bersama menunda persidangan sampai Kamis (15/12/2022) mendatang dengan agenda pembacaan putusan.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/dede s
Dua unit mobil yang menjadi barang bukti perkara penyalahgunaan BBM jenis solar subsidi parkir di Kantor Kejari Belitung pada Selasa (7/12/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - SCB, terdakwa perkara penyalahgunaan BBM jenis solar subsidi dituntut Jaksa Penutut Umum (JPU) selama satu tahun kurungan penjara dan denda Rp5 juta pada Rabu (7/12/2022).

Jika denda tidak dibayarkan maka diganti dengan pidana tiga bulan kurungan penjara.

Selain itu Jaksa juga menetapkan barang bukti berupa belasan deriken solar subsidi dan dua unit mobil merk Daihatsu Taft BN warna hitam BN 1056 WO dan Isuzu Panther pikup warna hitam BN 8026 milik terdakwa dirampas untuk negara.

JPU Kejari Belitung, Michael Yudhistira menilai perbuatan terdakwa sudah memenuhi unsur sebagaimana dakwaan tunggal yakni Pasal 55 UU RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Joncto Pasal 40 Angka 9 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Oleh karenanya menetapkan terdakwa tetap berada dalam tahanan, mengurangi tuntutan dengan masa tahanan yang sudah terdakwa jalani seluruhnya. Membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar lima ribu rupiah," kata Michael dalam persidangan.

Usai pembacaan tuntutan, ketua majelis hakim Decky Christian bersama menunda persidangan sampai Kamis (15/12/2022) mendatang dengan agenda pembacaan putusan.

Sebelumnya terdakwa Soni diamankan jajaran Ditkrimsus Tipidter Polda Babel karena diduga menimbun BBM jenis solar subisidi pada akhir Agustus 2022 lalu.

Berdasarkan hasil tangkapan, polisi mengamankan belasan jeriken berikut dua unit mobil di kediaman terdakwa.

Terdakwa diduga menimbun solar subsidi untuk dijual kembali dan mendapat keuntungan

(posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved