Breaking News:

Opini

Pariwisata Bangka Belitung Terancam Masuk ICU

Belitung yang menjadi cikal bakal dalam cerita tersebut berhasil menciptakan harapan baru masyarakat bangka belitung

net
Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi 

Opini
Oleh Agus Pahlevi
Ketua DPD ASPPI Babel

POSBELITUNG.COM - Bangka Belitung bisa dikatakan tak pernah putus dari anugerah Tuhan, mengapa tidak, setelah lebih dari satu abad tepatnya di awal tahun 90an dinyatakan bahwa deposit timah menipis sehingga perusahaan milik negara memutuskan untuk merestrukturisasi perusahaan.

Satu caranya dengan memberikan pensiun dini kepada karyawan, yang sekarang dikenal dengan istilah PHK (Pemberhentian Hubungan Kerja).

Kebanggaan sebagian besar masyarakat yang bekerja diperusahaan yang seolah tak kan pernah bangkrut itu luntur dengan sendirinya bersama realita saat itu.

Kondisi masyarakat saat itu mulai berbalik, penjarahan mulai terjadi, hanya demi memenuhi kebutuhan hidup. Mengapa hal ini terjadi, ternyata ini adalah jawaban bahwa selama ini perusahaan penambangan milik negara itu tidak bisa mensejahterakan karyawannya.

Lebih dari satu lustrum berjalan, muncul suatu kejadian yang dikenal dengan sebutan reformasi, dimana ketika itu kondisi ekonomi di daerah yang kental dengan bekas kejayaan penambangan timah mulai bangkit kembali lantaran dimulainya investasi oleh putra daerah yang merasa terancam untuk berinvestasi di daerah lain.

Ketika itu mulai bermunculan pertokoan walaupun hanya menjajakan kebutuhan sehari hari. Pasar mulai ramai, dan dinamika kehiduman mulai terasa dengan atmosphere yang baru.

Satu dasawarsa lamanya hingga muncul sebuah novel karangan anak negeri yang berjudul laskar pelangi yang kemudian di film kan dan menjadi sangat terkenal.

Belitung yang menjadi cikal bakal dalam cerita tersebut berhasil menciptakan harapan baru masyarakat bangka belitung.

Seiring perjalanan waktu pariwisata mulai dikumandangkan oleh masyarakat di seluruh penjuru kampong.

Halaman
123
Editor: Edy Yusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved