Breaking News:

MK Setuju Gadis 16 Tahun Boleh Menikah, DPR Diminta Revisi UU Perkawinan

Mahkamah Konstitusi resmi mengabulkan sebagian permohonan atas gugatan Undang-Undang tentang Perkawinan khusus Pasal 7 ayat (1)

Islampos
Ilustrasi menikah 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi resmi mengabulkan sebagian permohonan atas gugatan Undang-Undang tentang Perkawinan khusus Pasal 7 ayat (1) yang berisi batas usia minimal perempuan nikah 16 tahun.

Mahkamah Konstitusi kemudian memerintahkan DPR untuk merevisinya paling lama 3 tahun.

Menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengaku telah menyiapkan naskah akademi guna membantu DPR merivisi Undang-Undang tersebut.

"Sebab yang diberikan perintah DPR, tinggal bagaimana kita bekerjsama dengan DPR dengan berbagai macam naskah akademis yang nanti untuk memperkuat draf yang diusulkan DPR," ujar Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiartha Nur Sitepu, di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018).

Saat ini, kementerian PPPA kata Pribudiartha, sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk menentukan berapa sebenarnya usia minimal perempuan bisa menikah.

"Jadi sebenernya jauh sebelum putusan MK itu sebenernya kami sudah seperti misalnya persiapan keluarga, kita kan sudah berkoordinasi dengan berbagai macam pihak kan, BKKBN, kementerian pendidikan," ujar Pribudiartha.

Namun, Pribudiartha mengatakan saat ini pihaknya masih belum bisa menentukan berapa batasan yang ideal bagi perempuan dapat menikah.

"Karna kita bisa pakek harmonisasi, dari berbagai macam Undang-Undang tentang Perkawinan dari negara lain, itu bisa jadi bahan perbandingan, kita juga punya kajian tentang ketahanan keluarga," ucap Pribudiartha. 

(Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid)

Berita ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kementerian PPPA Siapkan Naskah Akademis guna Bantu DPR Merevisi UU Perkawinan

Editor: Edy Yusmanto
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved