Breaking News:

Prabowo Sebut Aren dan Singkong Bisa untuk

Prabowo Sebut Aren dan Singkong Bisa untuk "Biofuel" Ini Tanggapan Para Ahli

(KOMPAS.com / Andi Hartik)
Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) saat menjalankan proses menciptakan bioetanol dari buah bintaro di laboratorium Universitas Negeri Malang, Selasa (1/8/2017) 

POSBELITUNG.CO – Sejak diadakannya debat calon presiden kedua pada Minggu (17/2/2019), biofuel menjadi topik pembicaraan hangat di antara masyarakat.

Baik petahana Joko Widodo maupun penantang Prabowo setuju bahwa pemakaian energi fosil harus dikurangi, sementara swasembada energi adalah keniscayaan bagi Indonesia.

Pada saat ini, biofuel atau bahan bakar hayati, khususnya biodiesel, berbahan baku minyak kelapa sawit.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahan-bahan lain, seperti aren dan singkong yang disebutkan oleh Prabowo, akan muncul di masa depan.

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (TribunWow.com/Octavia Monica)

Dilansir dari Kompas.com menghubungi Agus Haryono selaku peneliti kimia dan Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui pesan singkat pada hari ini (19/2/2019) untuk meminta pendapatnya.

Agus berkata bahwa bahan-bahan lain yang berpotensi sebagai biodiesel selain kelapa sawit adalah minyak jarak dan minyak kemiri sunan.

Di Eropa, minyak kedelai atau minyak goreng bekas juga telah diolah menjadi biodiesel.

Kunjungi Rumah Parto, Andre Taulany Temukan Koleksi Tak Biasa: Dulu Nembak ke Atas Yah

Dikarenakan struktur minyak nabati di atas yang sama-sama trigliserida, proses pengolahannya dapat seperti minyak kelapa sawit, yaitu melalui esterifikasi dan transesterifikasi antara minyak nabati dengan metanol dibantu katalis basa.

Namun, memang yang paling rampung dari segi produksi adalah minyak kelapa sawit atau crude palm oil seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com kemarin (18/2/2019).

Sementara itu, aren dan singkong berpotensi diolah menjadi bioetanol generasi pertama setelah melalui proses distilasi, fermentasi dan dehidrasi.

Halaman
12
Editor: Zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved