Berita Belitung

Geopark Belitung Dikabarkan Ditunda, Begini Penjelasan Ketua BP Geopark Belitung

Status Global Geopark untuk Pulau Belitung, kini dikabarkan ditunda oleh Unesco Global Geopark (UGG).

Geopark Belitung Dikabarkan Ditunda, Begini Penjelasan Ketua BP Geopark Belitung
posbelitung.co/ist
OBJEK wisata berbasis alam Tebat Rasau di Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) masuk menjadi geosite baru Geopark Belitong. 

POSBELITUNG.CO-- Status Global Geopark untuk Pulau Belitung, kini dikabarkan ditunda oleh Unesco Global Geopark (UGG). Adanya penundataan status tersebut, diketahui setelah mendapat pengumuman pada acara Asia Pascific Geoparks Network (APGN) di Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diacara tersebut, terdapat dua Geopark Nasional yang di usulkan untuk menjadi Geopark Global, yaitu Geopark Kaldera Toba dan Geopark Pulau Belitung. Dua usulan itu, yang lolos hanya Geopark Kaldera Toba dan diterima sebagai anggota baru UGG serta akan melakukan sidang pada April 2020 mendatang.

Ketua Badan Pengelola (BP) Geopark Pulau Belitong Yuspian Djapani mengaku, untuk status Geopark Pulau Belitong yang di usulkan menjadi Geopark Global kini ditunda oleh Tim Assesor UGG, sebab, untuk usulan geopark tersebut masih dalam proses, lantaran Geopark Belitong belum terjadwal untuk mengambil keputusan saat APGN di Lombok.

"Masih proses, memang belum jadwalnya untuk pengambilan keputusan saat APGN di Lombok kemarin. Untuk acara yang digelar di Lombok, merupakan symposium Asia Pasifik (APGN), memang tidak ada jadwal untuk pengumuman hasil asesmen untuk Belitong geopark," ungkap Yuspian kepada posbelitung.co, Kamis (5/9/2019) melalui via whatsapp.

Sesuai jadwal, kata dia, untuk pengumuman status Belitong Geopark Global masih dalam proses asesmen, sehingga belum ada pengumuman resmi.

"Menurut info yang disampaikan kepada kami, akan diputuskan atau diumumkan bulan April 2020 (tahun depan) di Jeju korea selatan pada UGGP Symposium dan untuk acara di Jeju saja baru akan diputuskan diakhir symposium nanti pada tanggal 6 September," jelas Yuspian.

Untuk itu menurutnya BP Geopark Belitong akan mengikuti, mencermati sekaligus mempelajari setiap tahapan penilaian yang harus kami lalui.

"Kita doakan hasil yang terbaik untuk geopark belitong," harap Yuspian. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved