Breaking News:

Info Kesehatan

Mengenal Penyakit Autoimun, Kasusnya Meningkat Drastis, Ternyata Ini Pemicunya

Sejatinya sistem kekebalan tubuh bertugas melindungi kita dari serangan virus, bakteri, parasit, atau penyusup patogen lainnya.

Mitra Kesehatan
Jarum suntik 

Kasus Penyakit Autoimun Meningkat Drastis, Apa Pemicunya?

POSBELITUNG.CO - Penyakit penyimpangan sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang tubuh sendiri dalam empat dasawarsa terakhir menujukkan tren meningkat drastis di Jerman.

Antara lima sampai delapan persen penduduk Jerman yang populasinya 80 juta orang, tercatat mengidap penyakit autoimun.

Sejatinya sistem kekebalan tubuh bertugas melindungi kita dari serangan virus, bakteri, parasit, atau penyusup patogen lainnya.

Namun pada kasus penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh terganggu dan tidak bisa lagi mengenali mana sel jahat dan mana yang baik. Mana penyusup dan mana tuan rumah.

Akibatnya, jaringan atau organ tubuh kita diserang sistem kekebalan sendiri, yang memicu terjadinya peradangan hebat.

Para ilmuwan hingga kini masih melacak penyebab gangguan sistem kekebalan tubuh yang misterius ini. Satu hal yang sudah ditemukan, penyakit autoimun hingga kini belum bisa disembuhkan. Para dokter hanya bisa mengendalikannya.

Ada 80 jenis penyakit

Penyakit autoimun bisa menyerang siapapun, tanpa peduli umur atau jenis kelaminnya. Para dokter dewasa ini membagi dua jenis autoimun.

Jenis pertama, yang menyerang organ tubuh tertentu, misalnya menyerang usus pada Morbus Crohn atau yang menyerang kulit pada Psoriasis.

Halaman
1234
Penulis: tidakada007
Editor: Khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved