Breaking News:

Idul Adha 2020

Polres Belitung Timur Terjunkan 154 Personel Amankan Iduladha 1441 H, Patuhi Protokol Kesehatan!

Polres Belitung Timur menerjunkan 154 personel dalam mendukung lancarnya salat Iduladha 1441 H yang akan dilaksanakan besok Jumat (31/7/2020).

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kabag Ops Polres Beltim AKP Erwan Yudha Perkasa. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Polres Belitung Timur menerjunkan 154 personel dalam mendukung lancarnya salat Iduladha 1441 H yang akan dilaksanakan besok, Jumat (31/7/2020).

Personel ini akan ditempatkan di seluruh masjid yang melaksanakan ibadah tersebut di Beltim.

"Pemerintah tidak melaksanakan takbiran keliling seperti biasanya karena kondisi dan situasi sehingga pengamanan dilaksanakan pada saat pelaksanaan salat Iduladha besok. Ada sekitar 55 masjid di seluruh Beltim yang akan dilakukan pengamanan,"jelas Kabag Ops Polres Beltim AKP Erwan Yudha Perkasa saat dihubungi posbelitung.co, Kamis (30/7/2020).

Namun, lanjut Erwan, pihaknya tetap melaksanakan patroli dari Polsek dan Polres pada malam ini untuk cipta kondisi agar kamtibmas tetap kondusif.

Personel yang ditugaskan di tiap masjid bertugas memastikan keamanan dan kekondusifitasan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

"Pengamanan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Memastikan jamaah agar memakai masker dan yang terpenting jaga jarak saat ibadah," tegasErwan sembari berharap pelaksanaan ibadah iduladha lancar dan kondusif.

Warga yang Sakit Diimbau Jangan Salat Iduladha di Masjid

Ilustrasi Suasana salat Idul Adha
Ilustrasi Suasana salat Idul Adha (posbelitung.co/dede s)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur meminta warga yang sedang sakit jangan melaksanakan Salat Iduladha di masjid atau dilakukan sendiri di rumah.

Sekretaris MUI Beltim Ekocahyo Heppy mengatakan hal tersebut karena dikhawatirkan akan membuat ibadah Salat Iduladha di masjid menjadi tidak khusuk.

"Jangan sampai kehadirannya membawa kemadhorotan antar sesama umat yang mengahadiri salat hari raya. Kalau sudah ada gejala flu, demam, atau batuk diimbau agar tidak melaksanakan salat iduladha berjamaah di masjid. Ini sebagai upaya preventif kita mencegah penularan virus corona," imbau Ekoheppy kepada posbelitung.co, Kamis (30/7/2020).

Hal ini, lanjut Eko, juga sesuai dengan surat edaran dari Menteri Agama yang boleh melaksanakan Salat Iduladha, namun harus memastikan kesehatan diri sebelum berkumpul dengan jamaah lainnya.

"Jamaah silakan melaksanakan salat di masjid atau lapangan, namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat," ungkap Eko.

Dari pantauannya, semua masjid yang melaksanakan salat iduladha besok sudah mengikuti protokol kesehatan covid-19. Tempat cuci tangan, sabun, handsanitizer, sudah tersedia di halaman masjid.

"Termasuk juga saat pemotongan hewan kurban semuanya harus memakai protokol kesehatan. Semoga ibadah salat iduladha kita semuanya lancar," harapnya. 

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved