Breaking News:

Solusi Sampah Plastik, Belitung Punya Sedotan Purun, Menparekraf: Ini Nih yang Dicari Dari Tadi

Menteri Parekraf Sandiaga Uno langsung berhenti saat mendapat sedotan plastik atau sedotan purun di Belitung.

Solusi Sampah Plastik, Belitung Punya Sedotan Purun, Menparekraf: Ini Nih yang Dicari Dari Tadi - menparekraf-sandiaga-uno-bupati-belitung-sahani-saleh.jpg
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Bupati Belitung Sahani Saleh berfoto dengan pelaku ekraf yang menjaga stan sedotan purun di Desa Wisata Kreatif Terong, Jumat (5/2/2021).
Solusi Sampah Plastik, Belitung Punya Sedotan Purun, Menparekraf: Ini Nih yang Dicari Dari Tadi - sedotan-purun-yang-ramah-lingkungan.jpg
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Sedotan purun yang ramah lingkungan.

Solusi Sampah Plastik, Belitung Punya Sedotan Purun, Menparekraf: Ini Nih yang Dicari Dari Tadi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketika mengunjungi kawasan HKm Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Jumat (5/2/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bersepeda dan mengelilingi lokasi seluas sekitar 255 hektare. Ia juga dijamu pengelola HKm Juru Seberang buat menikmati pempek pakai kuah cuka, kue ongol-ongol, dan kelapa muda.

Sandi juga memuji bahwasanya jamuan itu sudah mengacu pada standar clean, health, safety, and enviromental sustainability atau bersih, sehat, aman, dan keberlanjutan lingkungan.

"Tapi ada satu, sedotan plastik yang ingin kembangkan sedotan purun yang dikembangkan Kabupaten Belitung. Itu catatan kecil saja. Bupati dan Wakil Bupati menyanggupi memastikan bahwa hutan kemasyarakatan bebas dari plastik," ucapnya.

Lalu ketika mengunjungi Desa Wisata Kreatif Terong, satu dari pelaku ekonomi kreatif menampilkan produk sedotan purun di stannya. Menparekraf Sandi yang didampingi Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, dan rombongan pun lalu berhenti.

"Ini nih yang dicari dari tadi. Tadi kami masih pakai sedotan plastik," kata Sandi.

Ia lalu mengeluarkan smartphone, kemudian mencoba kode bar pembayaran yang ada di meja stan pelaku ekonomi kreatif tersebut.

"Waduh.. sudah bayar," ujarnya sembari menunjukkan ponselnya kepada pemilik produk sedotan purun.

Hartati, satu di antara tim pengembang purun grass straw yang menjaga stan tampak semringah usai Menparekraf Sandi mengunjungi stannya. 

"Senang sekali, bangga karena ini salah satunya mengangkat nama Belitung, nama Indonesia dengan solusi mengurangi limbah plastik," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved