Breaking News:

Berita Belitung Timur

BP Geopark Belitong dan PT Timah Jalin Kerjasama Kembangkan Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Badan Pengelola Geopark Belitong melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan PT Timah dalam hal konservasi

Ist.Novis
Penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan oleh Kepala BP Geopark Belitong Yuspian dnegan Kepala Unit Produksi Timah Primer (UPTP) PT Timah, Dananggoro Wicaryanto, Kamis (18/2/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Badan Pengelola Geopark Belitong melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan PT Timah dalam hal konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat di UPTP Batu Besi, Damar, Belitung Timur.

Kepada posbelitung.co, Selasa (23/2/2021), Kepala BP Geopark Belitong Yuspian mengatakan kerjasama ini berguna untuk meningkatkan value yang ada pada masyarakat di sekitar lahan tambang.

Ia menilai di lahan tambang ini masyarakat bisa berkegiatan tentang konservasi lingkungan, termasuk mengedukasi masyarakat agar bisa berbudidaya dan menambah keterampilan masyarakat supaya produktif memanfaatkan lahan.

"BP Geopark butuh tempat seperti ini karena selama ini di Belitung Timur belum ada. Tapi ini bukan geosite, hanya saja terletak di dekat dengan geosite yaitu Garumedang dan Burung Mandi. Kegiatan yang sudah dilakukan di UPTP ini sebenarnya adalah spirit kegiatan Geopark. Semoga bisa berkembang cepat," kata Yuspian saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengaku ini adalah pertama kalinya di lahan tambang ada kegiatan ramah lingkungan. Jadi, lanjutnya, tidak selamanya tambang merusak lingkungan selama masih dalam izin kegiatannya dan mempertimbangkan dampak lingkungan sekitarnya.

"Sebenarnya Geopark tidak anti tambang, bahkan di beberapa tempat, geosite berdiri di atas eks ataupun lahan tambang yang masih aktif," kata Yuspian.

Ditemui terpisah, Residen Geologis BP Geopark Belitong yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar mengatakan UPTP Batu Besi selama ini sudah mendukung kegiatan BP Geopark Belitong.

“Melalui kerjasama ini UPTP akan mendukung kegiatan Geopark Belitung untuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Karena pilar pengembangan geopark yakni pemberdayaan masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan konservasi. UPTP itu juga punya usaha unit pengembangan masyarakat dan mereka sudah berencana untuk membuat areal konservasi di dalam UPTP,” katanya.

Menurutnya, lokasi UPTP yang berdekatan dengan salah satu geosite yang ada di Burung Mandi sehingga nantinya diharapkan masyarakat di kawasan itu dapat diberdayakan biar masyarakat bisa lebih mandiri.

“Sebetulnya UPTP sudah mendukung kegiatan geopark dan membantu pemberdayaan masyarakat, MoU ini hanya untuk memperkuat saja. Program pelatihan yang akan dijalankan di antaranya pelatihan kepada masyarakat di sekitar geosite sehingga mereka siap untuk mandiri melangkah ke sektor non tambang, menyambut wisatawan dan kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved