Breaking News:

Berita Belitung

GeNose C-19 Mulai Diberlakukan Bagi Penumpang Pesawat di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan

Pengecekan Covid-19 menggunakan GeNose C-19 sudah mulai diberlakukan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung, Selasa (12/4/2021).

Pos Belitung/Disa Aryandi
Pelayanan GeNose-19 di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung, Selasa (12/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengecekan Covid-19 menggunakan GeNose C-19 sudah mulai diberlakukan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung, Selasa (12/4/2021).

Calon penumpang cukup merogoh kocek sebesar Rp 40.000,- untuk satu kali pengecekan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendapatkan layanan GeNose ini. Satu diantaranya, calon penumpang terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran dan mengisi biodata pada aplikasi Farmalab.

Aplikasi tersebut bisa didapat pada Play Store. Setelah mengisi biodata, calon penumpang akan mendapatkan barcode, dan barcode tersebut selanjutnya ditunjukan kepada petugas layanan GeNose C-19 di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

"Kalau tidak seperti itu tidak bisa, dan hari ini sudah banyak memanfaatkan layanan ini. Nah setelah mendaftar nanti akan di arahkan untuk meniup nafas, sesuai arahan petugas," kata Executive General Manager (EGM) PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara HAS Hanandjoedin Untung Basuki kepada Posbelitung.co, Selasa (12/4/2021).

Apabila sudah mendapat pelayanan administrasi, calon penumpang akan masuk ke bilik. Sudah ada dua bilik pada layanan itu disediakan. Di dalam bilik tersebut, calon penumpang akan bertemu dengan dua orang petugas yang sudah dilengkapi APD.

Dua petugas ini, akan melakukan interogasi kepada calon penumpang. Apabila sudah selesai, maka calon penumpang dipersilahkan menghembuskan nafas kedalam plastik.

Setelah itu, calon penumpang diminta untuk menunggu sekitar tiga menit. Apabila hasil GeNose tersebut negatif, maka dipersilahkan untuk menuju terminal Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

"Tapi kalau ada yang positif, maka akan dilakukan edukasi diruang isolasi untuk menunggu 30 menit. Terus di screaning lagi, misalkan habis kontak dengan siapa, makan apa. Setelah itu dikasih pilihan, bisa swab antigen atau PCR sebagai pembanding," ucapnya.

Terdapat persyaratan harus diperhatikan dalam mendapatkan pelayanan GeNose. Satu diantaranya harus kondisi sehat, dan harus menghindari merokok, selama 30 hingga satu jam sebelum melakukan GeNose.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved