Segini Besaran THR yang Akan Diterima Pekerja Sebelum Lebaran Idul Fitri 1442 H

Berikut itung-itungan besaran tunjangan hari raya (THR) yang akan diterima pekerja dari perusahaan.

Editor: Fitriadi
Kompas.com
Sebagian karyawan bertanya-tanya soal besaran tunjangan hari raya (THR) yang akan diterima jelang lebaran Idul Fitri 1442 H. Foto hanya ilustrasi. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Sebagian karyawan bertanya-tanya soal besaran tunjangan hari raya ( THR) yang akan diterima jelang lebaran Idul Fitri 1442 H.

Ada juga yang bertanya tentang kapan waktu pencarian THR dari perusahaan, serta aturan pemberian THR bagi pekerja.

Simak penjelasan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah berikut ini.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menerbitkan Surat Edaran pemberian tunjangan hari raya ( THR) keagamaan pada Senin (12/4/2021).

Aturan pemberian THR ini terdapat dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di perusahaan.

SE Pelaksanaan THR ini ditujukan kepada para Gubernur di seluruh Indonesia.

Baca juga ---> Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka? Ini Formasi yang Paling Banyak Dibutuhkan

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, THR wajib dibayarkan penuh kepada pekerja dan buruh.

"Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh, " kata Menaker Ida pada Virtual Konferensi Pers tentang THR Tahun 2021 di Jakarta, hari Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, Ida menambahkan pemberian THR Keagamaan bagi pekerja/buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan.

"Secara khusus, dalam masa pemulihan ekonomi ini, THR tentu dapat menstimulus konsumsi masyarkat yang mendorong pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Dalam surat edaran tersebut, Menaker Ida menyatakan SE pelaksanaan THR berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Waktu Pemberian THR bagi pekerja

Menaker Ida meminta perusahaan agar waktu pembayaran THR Keagamaan dilakukan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

"Saya tekankan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan pekerja/buruh yang bersangkutan," jelas Menaker Ida dikutp dari Kemnaker.go.id.

Baca juga ---> Ini Kelompok Orang yang Boleh Mudik Lebaran Pada 6 - 17 Mei 2021

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved