Breaking News:

Hati-hati Hoaks Info Bantuan Kuota Data Gratis dari Kemendikbud Ristek, Cuma Ini Sumber Link-nya

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menegaskan, cuma ada satu tautan resmi buat mengakses informasi bantuan kuota gratis.

Editor: Jaryanto
Tangkap layar kemdikbud.go.id
Bantuan kuota data internet Kemendikbud. 

POSBELITUNG.CO - Masyarakat harus jeli dan hati-hati dalam melihat tautan resmi bantuan kuota gratis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Jangan terpedaya berita bohong alias hoaks soal mengenai bantuan kuota gratis internet.

Baca juga: Dua Hari Kasus Positif Covid-19 di Belitung Timur Bertambah 161 Orang, 2.195 Orang Sudah Sembuh

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menegaskan, cuma ada satu tautan resmi buat mengakses informasi bantuan kuota gratis.

"Jadi masyarakat harus detail lihat link yang tersebar. Hanya satu sumber link dari Kemendikbud Ristek, yakni https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id, " kata dia secara daring, seperti diberitakan Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Serbuan Vaksinasi di Lanud HAS Hanandjoeddin Berakhir, 325 Warga Sudah Divaksin Gratis

Dia menyebut, skema pemberian kuota internet juga dilakukan satu pintu, yaitu lewat kepala satuan pendidikan masing-masing, baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

"Jadi lewat itu, jangan sampai orangtua atau siapa saja mencoba mendapatkan ini secara mandiri. Karena sekolah lewat data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi, sistem sekolah dan perguruan tinggi terintegrasi ke Kemendikbud Ristek," katanya.

Nadiem juga meminta, agar kepala satuan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi melakukan pemutakhiran data semua warga pendidikan.

Baca juga: Yuk Warga Belitung Timur Kibarkan Bendera Merah Putih di Depan Rumah sampai 31 Agustus

Dengan begitu, semua siswa, guru, dosen, dan mahasiswa memperoleh kuota gratis internet periode September, Oktober dan November 2021.

"Harus perbarui data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, termasuk nomor telepon di sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi," ujar dia.

Nadiem berharap kepala satu pendidikan masing-masing juga harus mengunggah SPTJM pada http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id (jenjang pendidikan tinggi) selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved