G20 Belitung

Peserta DMM G20 Pulang, Menteri Via Base Ops Lanud H AS Hanandjoeddin

Delegasi mengaku pelayanan yang diberikan di Belitung, mulai dari turun dari pesawat hingga pulang sangat nyaman.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Deretan mobil Alphard parkir di Base Ops Lanud HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan untuk persiapan mengantar delegasi menuju pesawat, Jumat (9/9/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Peserta Development Ministerial Meeting (DMM) G20 Belitung mulai pulang ke negera asal, Jumat (9/9/2022). Terdata ada sekitar 164 orang delegasi non menteri dan menteri mulai dari utusan negara asal hingga perwakilan organisasi dunia.

Sebagian dari delegasi itu melewati pintu terminal Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, sebagian lagi dari Base Ops Lanud H AS Hanandjoeddin. Untuk delegasi Menteri yang melewati Base Ops ada sekitar 20 orang.

Termasuk diantaranya Menteri Pembangunan dari Arab Saudi, Prancis, Italy, Meksiko, Spanyol hingga Amerika Serikat. Tidak dipungkiri masih terdapat beberapa delegasi lagi yang ada di Belitung untuk melakukan hopping island.

"Negera-negara besar sebagian sudah pulang, tapi masih ada delegasi lain di Belitung. Rata-rata mereka melihat dan menikmati Pulau Lengkuas," kata Wakil Bupati Belitung sekaligus Wakil Ketua Panitia Penyelenggara, Isyak Meirobie kepada Posbelitung.co, Jumat (9/9/2022).

Disinggung hasil komunikasi dengan berbagai delegasi tentang Belitung, menurut Isyak, semua delegasi memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap Belitung. Delegasi mengaku pelayanan yang diberikan di Belitung, mulai dari turun dari pesawat hingga pulang sangat nyaman.

Apalagi pada jamuan terhadap delegasi yang dihadirkan oleh Belitung, terbilang sangat alami. Perihal itu membuat para delegasi ini senang, dan membuat merekai tidak menyangka, pulau yang sebelumnya tidak mereka kenal memiliki keindahan yang luar biasa.

"Awalnya delegas-delegasi ini tidak menyangka pulau yang semula tidak mereka kenal, memiliki kealamian yang luar biasa dan itu membuat mereka terpukau. Baik itu dari segi pelayanan hingga alam yang dimiliki Belitung," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, tentang Pulau Lengkuas membuat mereka takjub, lantaran Belitung memiliki alam yang indah, infrastruktur jalan yang bagus, masyarakat yang ramah.

"Mereka anggap ini merupakan daerah yang cocok untuk sebuah destinasi wisata dan rata-rata delegasi ini janji, semua akan kembali berkaitan dengan ekonomi. Termasuk juga duta besar Meksiko sudah menyampaikan akan kembali, Arab Saudi dan Spanyol mengaku akan kembali lagi ke Belitung dan semua delegasi semua ingin kembali," bebernya.

Begitu juga, kata dia, dengan delegasi dari Amerika, sangat kaget melihat Belitung. Pasalnya delegasi ini awalnya tidak tau tentang Belitung.

"Tentunya ini akan kami jadikan sebuah momentum kepercayaan, dan kam akan sampaikan keberhasilan ini. Kami akan jadikan ini sebagai momentum agar nanti Desember event lebih besar dari ini bisa terlaksana lagi," katanya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved