Berita Belitung Timur

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Belitung Timur Gelar Dialog Interaktif, Ini Pesan Wabup

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) melaksanakan Dialog Interaktif di Hotel Oasis

Penulis: vine febriani | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Vine Febriani
Bupati Belitung Timur, Burhanudin bersama Wakapolres Beltim, Kompol Agus Handoko, S.H menjadi narasumber di Dialog Dialog Interaktif Pemda Beltim, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila, di Hotel Oasis, Jalan Raya Gantung, Manggar, Belitung Timur, Senin (3/10/2022) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) melaksanakan Dialog Interaktif di Hotel Oasis, Jalan Raya Gantung, Padang, Kecamatan manggar, Selasa (3/10/2022).

Dialog interaktif ini diselenggrakan dalam menyambut Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2022 kemarin.

Dialog Interaktif yang mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila ini menghadirkan pembicara yaitu Bupati Belitung Timur, Burhanudin, dan Wakapolres Belitung Timur, Kompol Agus Handoko kepada perwakilan karang taruna per Kecamatan Beltim.

Burhanudin mengatakan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya sekadar acara seremonial yang diperingati setiap tahun, tetapi bagaimana sikap dan pondasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Belitung Timur ini.

"Kita lihat sendiri lah sekarang, bagaimana sikap adil, menyelesaikan masalah dengan musyawarah, sopan santun kepada orang tua, hal-hal kecil seperti ini sudah mulai tergerus dengan sendirinya," ucapnya kepada Posbelitung.co, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Lebih Baik Bekerja Sama, PJ Gubernur Babel Minta Masyarakat Air Putih Jangan Tolak Kapal Isap

Baca juga: VIRAL Perempuan Berkelahi di Halaman Gedung Nasional, Dindikbud Belitung akan Cari Info Detail

Burhanudin juga menyampaikan, generasi milenial yang tidak sepenuhnya memahami sejarah tentang indonesia dahulu, itu harus terus diajarkan. 

Hari Kesaktian Pancasila merupakan pengingat, bagaimana perjalanan Bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara. 

Ada perjuangan panjang yang harus diingat oleh setiap generasi bangsa, dan juga menjadi cerminan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Generasi milenial yang dihadapkan dengan kemajuan teknologi tanpa batas wilayah, penanaman karakter pada generasi muda perlu terus diperkuat, karena pendidikan bukan sekadar membuat anak didik cerdik dan pandai, namun harus berkarakter dan berbudaya, serta berkontribusi bagi kemajuan negara,” harapnya.

Burhanudin mengingatkan, jangan salahkan Pancasila, jangan lagi diotak-atik, jangan salah menafsirkan, salah mengelola, karena karena Pancasila sebagai ideologi negara yang mengandung nilai-nilai luhur bangsa yang wajib diingat, serta diimplementasikan di kehidupan sehari-hari oleh setiap generasi bangsa.

“Jangan lagi berpolemik berbicara Pancasila, Pancasila itu sudah final sebagai idiologi bangsa , bahkan kita harapkan menjadi idiologi kerja kita, bangsa kita, idiologi kerja bagi semua anak bangsa untuk menaiki tangga kemajuan bangsa ini,” tegas Burhanudin.

Baca juga: Operasi Zebra Menumbing Dimulai, Polres Belitung Kedepannya Sisi Humanis

Baca juga: Bupati Belitung Sahani Saleh Resmikan Operasional Pelabuhan Tanjung Batu

Bupati Belitung Timur, Burhanudin bersama Wakapolres Beltim, Kompol Bagus Handoko, S.H menjadi narasumber di Dialog Dialog Interaktif Pemda Beltim, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila, di Hotel Oasis, Jalan Raya Gantung, Manggar, Belitung Timur, Senin (3/10/2022)
Bupati Belitung Timur, Burhanudin bersama Wakapolres Beltim, Kompol Agus Handoko, S.H menjadi narasumber di Dialog Dialog Interaktif Pemda Beltim, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila, di Hotel Oasis, Jalan Raya Gantung, Manggar, Belitung Timur, Senin (3/10/2022) (Posbelitung.co/Vine Febriani)

Wakapolres Belitung Timur, Kompol Agus Handoko, menyampaikan pentingnya mengajak remaja dan anak-anak muda untuk mengenal Hari Kesaktian Pancasila, agar pemahaman dan pengetahuannya tentang sejarah tidak terputus, untuk melanjutkan semangat dan cita –cita pendiri bangsa ini.

“Hari Kesaktian Pancasila ini kita ingat betul dengan peristiwa duka, tragis yang tidak boleh terulang kembali, karena itu semangat pembangunan dan perjuangan harus dimiliki oleh generai muda kita,” katanya.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila tersebut harus tersampaikan kepada generasi muda dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbuat sehingga mereka bisa merasakan langsung nilai-nilai pancasila tidak hanya dilihat dari jauh, tapi hidup bersama meraka.

“Agar generasi muda saat ini mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita beri mereka kebersamaan, kesempatan dalam berkarya, kita para pemimpin stakeholder juga harus menjadi teladan dalam pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkap Agus.

Selain itu Agus juga menyampaikan, semangat Pancasila adalah semangat gotong royong, saling bahu-membahu menyelesaikan masalah perekonomiandan tingkat kemiskinan. 

Diharapkan juga di Hari Kesaktian Pancasila ini memberi “Kesaktian” kepada masyarakat Belitung Timur dan Indonesia, untuk bisa bangkit menghadapi berbagai persoalan bangsa, sehingga bisa lebih baik lagi dari kondisi hari ini.

(Posbelitung.co/Vine Febriani)

  • Berita Terkait :#Berita Belitung Timur
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved