Breaking News:

Obat Herbal

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat dari Biji Nangka, Penelitian Terbaru Penujukan Bisa Mencegah Kanker

Penelitian terbaru menunjukan bahwa ekstrak biji nangka dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
Shutterstock
Biji Nangka 

POSBELITUNG.CO - Tak banyak yang mengetahui ternyata biji nangka memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kerap kali saat mengonsumsi buah nangka, bijinya dibuang lantaran dianggap tidak bermanfaat. Namun ternyata biji nangka juga bisa dikonsumsi dan memiliki rasa yang enak.

Dalam satu buah nangka berukuran besar bisa terdapat sekitar 100 hingga 500 biji nangka.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji buah nangka di antaranya zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, riboflavin, tiamin, vitamin C, dan berbagai macam nutrisi lainnya.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika biji buah nangka memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya :

Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan suatu kondisi di mana terdapat gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Gangguan fungsi yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah ini merupakan penyebab utama seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke.

Menurut WHO, penyakit kardiovaskular telah menyebabkan 17,6 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Kandungan serat, magnesium, dan beberapa zat antioksidan yang tinggi pada biji buah nangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Serat dan antioksidan berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Sementara magnesium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Hal inilah yang kemudian membuat biji nangka bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan saluran pencernaan sangat berkaitan erat dengan daya tahan tubuh. Jika sistem pencernaan terjaga kesehatannya, maka daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat, begitu pun sebaliknya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved