Breaking News:

Lukisan Belanda Bertema Kolonialisme di Indonesia Viral Diperbincangkan

Munculnya kasus kematian George Floyd di Amerika Serikat tak hanya berdampak bagi situasi sosial di negara tersebut.

Penulis: tidakada008 | Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
TWITTER @redfishstream
Salah satu panel lukisan di kereta emas Belanda atau Gouden Koets, menggambarkan situasi Indonesia di zaman kolonial. Lukisan ini bernama Hulde der Kolonieen. 

POSBELITUNG.CO -- Munculnya kasus kematian George Floyd di Amerika Serikat tak hanya berdampak bagi situasi sosial di negara tersebut.

Jutaan orang di berbagai negara dunia pun ikut bersolidaritas dengan jargon "Black Lives Matter" terhadap George Floyd dan sembari mengutuk dan mengecam segala tindakan rasialisme, rasisme ataupun penindasan dalam ragam bentuk apapun di muka bumi ini.

Dampaknya, di Belgia patung Raja Leopold II dirusak karena meski oleh masyarakat asli sana dianggap sebagai orang besar, namun di bawah kendali Leopold II dahulu pernah terjadi pembantaian jutaan orang di negara koloninya Belgia, Republik Demokratik Congo.

Patung eks Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, tokoh yang mungkin dihormati di negara tersebut pun tak luput dari sasaran karena merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap kebijakan rasis dan menghilangnya jutaan nyawa pada masa kolonalisme Inggris di Kenya dan India.

Berkaitan dengan Indonesia, foto-foto kereta emas Belanda atau Gouden Koets juga memicu kehebohan lantaran bergambar situasi di masa kolonialisme Belanda

Istri Sekaligus Otak Pembunuhan Hakim Jamaluddin Menangis saat Mendengarkan Tuntutan Jaksa

Di kereta itu, terlihat orang-orang Indonesia dan Afrika digambarkan menjadi budak orang-orang Belanda.

Seorang bernama Lorraine Riva (47) melalui akun Twitter @yoyen menerangkan, kereta emas ini bernama Gouden Koets dan lukisan yang sedang hangat diperbincangkan itu bernama Hulde der Kolonieen.

Wanita yang tinggal di Belanda dan menyukai sejarah ini mengatakan, lukisan tersebut tentang penghormatan dari daerah koloni Belanda (di West dan Oost Indies).

Koloni di Barat, atau yang juga dikenal dengan nama West Kolonieen dalam bahasa Belanda, berada di Afrika atau Karibia.

Di koloni Barat ada serikat dagang West-Indische Compagnie (WIC) yang meliputi Afrika Barat, Karibia (Suriname, Antilen), bahkan sampai ke Brasil juga karena ada perkebunan nanas dan tebu di sana.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved